PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR

Riswo Riswo

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah adanya masalah, yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi tentang keindahan alam. Faktor penyebab adalah kurang tepatnya metode yang digunakan dalam pembelajaran. Solusi yang diambil adalah dengan menggunakan media gambar. Metode peneliti yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas. Tekhnik dan instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, teknik tes, telaah pustaka dan teknik analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Banjarharjo Kabupaten Brebes. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Penggunaan media gambar mampu meningkatkan kemampuan siswa kelas VII-A SMP Negeri 3 Banjarharjo Kabupaten Brebes dalam menulis puisi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai siswa yang meningkat pada setiap siklus. Kemampuan menulis  puisi dengan menggunakan media gambar pada siklus I dari 20 siswa 11 siswa belum mencapai KKM 75 jika dirata-ratakan memperoleh nilai 72.00 sementara pada siklus II dari 20 siswa semuanya dapat mencapai KKM 75 dengan rata-rata nilai 87.50 dan seluruh siswa dinyatakan tuntas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.