PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMPRESENTASIKAN HASIL PENELITIAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TAKE AND GIVE (MEMBERI DAN MENERIMA)

Idik Nursidik

Abstract


Berdasarkan nilai-nilai siswa di MA DAARUL ABROOR diperoleh keterangan, bahwa hasil tes siswa kelas XI IPS-2 dalam indikator berbicara masih rendah. Sebanyak 65 % dari jumlah siswa belum mampu mempresentasikan hasil penelitian secara runtut. Nilai sebagian siswa masih tergolong rendah yakni 65 dan berada di bawah KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 78. Hasil wawancara dengan siswa, diperoleh kenyataan bahwa 75 % siswa merasa kesulitan mempresentasikan hasil penelitian secara runtut karena model pembelajaran kurang tepat. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan di atas, maka dapat dirumuskan masalah yaitu: 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan model take and give dalam meningkatkan kemampuan mempresentasikan hasil penelitian pada siswa kelas XI IPS-2?; 2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasil penelitin setelah digunakan model take and give pada siswa kelas XI IPS-2?. Berdasarkan pembahasan, penilitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Langkah-langkah dalam mengembangkan kompetensi mempresentasikan hasil penelitian kegiatan yang dilakukan guru kepada siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan model Take and give yang ditempuh dalam dua siklus setiap siklusnya menempuh empat langkah yakni (1) perencanaan (planning); (2) pelaksanaan (action); (3) observasi (observation); dan (4) refleksi. Dalam perencanaan disusun berdasarkan langkah-langkah perencanaan yang telah di tentukan, yakni (1) kompetensi dasar; (2) hasil belajar; (3) indikator hasil belajar; (4) materi pokok; (5) langkah-langkah KBM; (6) penilaian. Sementara itu dalam pelaksanaan proses penelitian ditekankan pada langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut (1) kegiatan Awal; (2) kegiatan inti dan (3) kegaiatan akhir. Pengamatan (observing) dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI sebagai observer I dan Guru Wali Kelas XI-1, yang bertindak sebagai observer II dengan menggunakan lembar observasi yang telah disediakan. Adapun hal-hal yang perlu direfleksi sehubungan dengan hasil analisis tersebut, antara lain rencana pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. 2) Kemampuan siswa kelas XI-1 MA Daarul Abroor Tasikmalaya, dalam mempresentasikan hasil penelitian mengalami peningkatan setelah mengikuti pembelajaran mempresentasikan hasil penelitian yang disajikan dengan menggunakan model take and give. Hal ini ditunjukkan oleh kemampuan dalam mempresentasikan hasil penelitian pada siklus I memperoleh skor 1505 dengan rata-rata nilai 75,25 dan mengalami peningkatan pada pembelajaran siklus II memperoleh skor 1695 dengan rata-rata nilai 84,75.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.