PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS SURAT DINAS MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI LATIHAN DAN PRAKTIK

Lucky Senda Pratama

Abstract


Hasil observasi menunjukkan hasil unjuk kerja siswa banyak mengalami kesalahan, terutama dalam memenuhi tuntutan indikator kemampuan menulis surat dinas dengan menggunakan bahasa baku. Dari 23 orang siswa yang dinyatakan cukup mampu memenuhi tuntutan ini, adalah 6 orang siswa atau mencapai 4,4%. Sementara itu selebihnya dari mereka (17 orang siswa (96,4%) dinyatakan kurang mampuBerdasarkan latar belakang sebagaimana dikemukakan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaiamana langkah-langkah penggunaan strategi latihan dan praktik yangdapat meningkatkan kompetensi menulis surat dinas pada siswa kelas VIII A?; 2) Bagaimana peningkatan kompetensi menulis surat dinas pada siswa kelas VIII A setelah digunakan strategi latihandan praktik?Dalam proses pemecahan masalah, digunakan metode penelitian tindakan kelas (action research classroom). Dalam penelitian ini terdapat sumber data utama, yaitu siswa kelas VIII A yang berjumlah 23 orang, guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII A, teman sejawat dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII lainnya dan penulis sebagai peneliti dan pengamat. Setelah dilakukan penelitian, maka diperoleh simpulan sebagai berikut. (1)Langkah-langkah pembelajaran menulis surat dinas melalui penggunan strategi latihan dan praktek terdiri dari : a. Guru memberi penjelasan singkat tentang konsep, prinsip atau aturan yang menjadi dasar dalam melaksanakan pekerjaan yang akan dilatihkan. b. Guru mempertunjukan bagaimana melakukan pekerjaan itu dengan baik dan benar sesuai dengan konsep dan aturan tertentu. Pada bentuk belajar verbal yang dipertunjukan adalah pengucapan atau penulisankata atau kalimat. c. Jika belajar dilakukan secara kelompok atau klasikal, guru dapat meminta salah seorang siswa untuk menirukan apa yang telah dilakukanguru, sementara siswa lain memperhatikan. d. Latihan perseorangan dapat dilakukan melalui bimbingan dari guru sehingga dicapai hasil belajar sesuai dengan tujuan lalu guru melakukanpenilaian ketercapaian standar, berperan dalam mengevaluasi kemajuanmasingmasing peserta didik, memberi umpan balik tentang tingkatpemahaman yang sudah dicapai peserta didik. (2)Peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis surat dinas melalui penggunan strategi pembelajaran latihan dan praktek, tampak pada perolehan rata-rata tiap siklusnya yakni siklus I rata-rata 68,12 siklus II rata-rata 78,99 dan di siklus in rata-ratanya 90,58. Hal ini menunjukan peningkatan setiap siklusnya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.