PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO ( Siswa Kelas X SMK AL-HUDA TURALAK )
DOI: 10.25157/diksatrasia.v1i2.627Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekaligus peserta didik dalam mengetahui pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berpidato . Adapun rumusan masalah meliputi: (1) bagaimanakah penguasaan kosakata siswa ?; (2) bagaimanakah kemampuan berpidato siswa ?; dan (3) Bagaimanakah pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berpidato? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi kausal dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penguasaan kosakata siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 85,09, artinya bahwa siswa sudah mampu dalam menguasai kosakata.; (2) Nilai rata-rata kemampuan berpidato siswa sebesar 83,88; (3) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh penguasaan kosakata terhadap kemampuan berpidato siswa hal tersebut terbukti dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,992 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara penguasaan kosakata dan kemampuan berpidato.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.