PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS RESENSI NOVEL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMODELAN

Mulyani Agustin

Abstract


Judul skripsi ini adalah “Peningkatan Kemampuan Menulis Resensi Menggunakan Strategi Pemodelan (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Baregbeg Ciamis). Penelitian ini mencakup kegiatan meresensi buku (novel) dengan menggunakan strategi pemodelan. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan strategi pemodelan dalam pembelajaran menulis resensi sastra (novel)?; dan (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi sastra setelah digunakan strategi pemodelan?. Penulis mengharapkan dengan strategi pemodelan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis resensi novel di Kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Baregbeg. Dari permasalahan di atas penulis mengambil hipotesis “Terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis resensi setelah digunakan strategi pemodelan”. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitiannya adalah (1) Tahap persiapan; (2) Tahap pelaksanaan tiap siklus; (3) Tahap akhir. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti, dua orang observer, dan siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri I Baregbeg sebanyak 22 orang. Teknik penelitian dan instrumen yang digunakan adalah (1) Teknik studi pustaka dan kajian teori; (2) Teknik pembelajaran; (3) Teknik tes; dan (4) Teknik analisis.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.