TINDAK TUTUR DALAM BERCERITA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 CIAMIS

Titin Fatimah

Abstract


Berdasarkan observasi penulis saat melakukan kegiatan PPL. Anak terlihat cenderung pasif melakukan kegiatan bercerita di depan kelas, bahkan dalam satu pertemuan kegiatan pembelajaran, kesempatan murid untuk bercerita di depan kelas masih kurang leluasa. Hal ini membuat sebagian dari seluruh murid tidak mendapatkan kesempatan bercerita di depan kelas. Untuk itu penulis ingin mengujicobakan sebuah teknik bercerita yang memberi kesempatan semua murid untuk bercerita. Adapun tujuan penelitian ini adalah :1) Ingin mengetahui bentuk tindak tutur lokusi yang terdapat dalam tuturan siswa. 2) Ingin mengetahui bentuk tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam tuturan siswa. 3) Ingin mengetahui bentuk tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam tuturan siswa. 4) Ingin mengetahui apakah kegiatan berbicara siswa memenuhi syarat dijadikan bahan ajar dalam kompetensi dasar menceritakan pengalaman di kelas X. 5) Ingin mengetahui model bahan ajar berbicara, menceritakan pengalaman.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh kelas X SMA Negeri 2 Ciamis sebanyak 268 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas X IPA 6 SMA Negeri 2 Ciamis sebanyak 30 siswa.Berdasarkan data yang diperoleh dan analisis data, diketahui bahwa 1) Bentuk tindak tutur lokusi dalam kegiatan berbicara diketahui bahwa sebagian besar tindak tutur yang digunakan adalah tindak tutur lokusi yaitu sebanyak 102 atau 63.75 % dari seluruh kalimat yang dianalisis. 2) Bentuk tindak tutur ilokusi dalam kegiatan berbicara diketahui bahwa bentuk tindak tutur ilokusi sebanyak 46 atau 28,75 % dari seluruh kalimat yang dianalisis. 3) Bentuk tindak tutur perlokusi dalam kegiatan berbicara diketahui bahwa bentuk tindak tutur perlokusi sebanyak 12 atau 7,50 % dari seluruh kalimat yang dianalisis. 4) Tindak tutur dalam kegiatan berbicara dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran berbicara jika guru memberikan pemahaman kepada siswa tentang bahan ajar yang akan digunakan serta guru menguasai bahan pengajaran di samping teknik pembelajaran yang digunakan. Analisis pragmatik dalam kegiatan berbicara sebagai bahan pembelajaran akan bermanfaat bagi siswa apabila siswa mampu berbicara dengan baik. keterampilan guru dalam memilih dan menyajikan bahan ajar akan menunjang terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. 5) Tindak tutur dalam kegiatan berbicara siswa dapat dijadikan sebagai bahan ajar mengingat tindak tutur dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa untuk memahami, mengembangkan dan mengkomunikasikan gagasan serta untuk berinteraksi dengan orang lain.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.