PENGGUNAAN MODEL TIPE CURAH PENDAPAT DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI TENTANG KEINDAHAN ALAM

Wili Nuramdani

Abstract


Penggunaan Model Tipe Curah Pendapat Dalam Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Tentang Keindahan Alam (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VII-C SMP Muhammadiyah Majenang).Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Majenang dapat diperoleh informasi bahwa dari 23 orang siswa kelas VII C yang dijadikan sebagai objek penelitian, hanya 10 orang yang mampu mencapai KKM dalam pembelajaran menulis puisi. Sisanya 13 orang siswa belum mencapai KKM yang diterapkan yaitu 7,1. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan model pembelajaran model tipe curah pendapat dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi ? (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan siswa menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model tipe curah pendapat ? Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik pembelajaran, teknik tes, dan teknik analisis. Pengolahan data di lakukan dengan cara mengumpulkan data dari setiap siklus, dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan perbaikan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Setelah data-data diolah, dianalisis, dan dideskripsikan, dapat diperoleh gambaran sebagai berikut: (1) Langkah-langkah pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi yang dilakukan guru kepada siswa melalui upaya perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran model tipe Curah Pendapat ditempuh dalam empat langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam perencanaan disusun berdasarkan langkah-langkah perencanaan yang telah di tentukan. (2) Terdapat peningkatan siswa dalam menulis puisi setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Curah Pendapat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan rata-rata nilai siswa pada siklus 2 lebih baik dari siklus 1, dengan rata-rata nilai siswa 74,88 pada siklus 1 dan rata-rata nilai siswa 81,85 pada siklus 2.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.640

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.