PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP

Wiwin Yulia

Abstract


Judul Skripsi PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FIELD TRIP (PenelitianTindakan Kelas pada Siswa Kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Rancah Tahun Pelajaran 2016-2017). Penelitian ini bertolak dari kemampuan siswa kelas X Akuntansi dalam menulis teks laporan hasil observasi masih rendah. Upaya peningkatan tersebut, maka digunakan metode field trip. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah penggunaan metode field trip dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis teks laporan hasil observasi serta untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa menulis teks laporan hasil observasi setelah digunakan metode field trip. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri 39 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut.(1) Langkah-langkah penggunaan metode field trip dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis teks laporan hasil observasi dimulai dengan kegiatan awal dialokasikan yaitu siswa menjawab salam guru, berdoa sebelum belajar, dan diberi motivasi. Siswa menerima informasi topik pembelajaran yang akan diajarkan. Berikutnya siswa berkelompok dengan anggota 5-6 siswa. Kegiatan inti meliputi siswa diarahkan mengamati dan membaca teks laporan hasil observasi pada media infokus. Berikutnya siswa diarahkan guru mengamati dan menganalisis secara intensif teks laporan hasil observasi. Siswa diarahkan saling tanya terkait kerelevanan judul dengan isi, struktur penyusunan teks observasi, dan kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi. Siswa diarahkan saling bertanya ulang ihwal teks laporan hasil observasi. Kegiatan berikutnya, siswa diinstruksikan terjun ke lapangan sesuai dengan tanggung jawabnya dalam mengumpulkan gagasan topik menulis teks hasil laporan observasi. Tahap mengasosiasi, siswa dalam kelompok mendiskusikan pemahaman aspek kebahasaan dan strukturnya terkait pengamatan terhadap objek lingkungan kelas. Siswa dalam kelompok berdiskusi atas hasil observasi dengan cara menyingkronkan topik yang disepakati bersama antara judul, struktur, dan kebahasan karakteristik teks observasi. Pada tahap mengomunikasikan, siswa secara individu diminta menyusun teks laporan hasil observasi sesuai prosedurnya. Tahap selanjutnya, perwakilan siswa dari tiap kelompok diminta menyajikan (membaca) di depan kelas.Kegiatan akhir siswa memperoleh simpulan dan refleksi. (2) Terjadi peningkatan keterampilan siswa menulis teks hasil observasi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode field trip dari siklus 1 ke siklus 2. Hal tersebut dibuktikan nilai keseluruhan siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Rancah pada siklus 1 mencapai rata-rata nilai 74,5 selanjutnya pada siklus 2 mencapai rata-rata nilai 84,4.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.