DAMPAK PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) TERHADAP VARIASI BAHASA PESERTA DIDIK JENJANG SEKOLAH DASAR (DESKRIPSI BAHASA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR NEGERI WANGKELANG III)

Muhammad Dejan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring (online) terhadap variasi bahasa peserta didik jenjang sekolah dasar, serta dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berada di Blok Senen Desa Wangkelang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka. Data diperoleh melalui telaah pustaka, teknik wawancara, teknik dokumentasi serta teknik analisis. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakannya pembelajaran daring (online) pada idiolek peserta didik terlihat adanya variasi bahasa pada tuturan dalam percakapannya, karena mereka menemukan kosakata/pilihan kata yang baru, dampak yang terjadi pada dialek ditunjukan dengan adanya variasi dalam penggunaan bahasa, seharusnya peserta didik menggunakan bahasa yang sopan dengan basa sunda lemes, namun setelah adanya pelaksanaan pembelajaran daring (online) bahasa peserta didik dalam tuturan bahasanya menggunakan basa sunda sedeng lemes sedeng bahkan menggunakan basa sunda loma (akrab). Dampak pada kronolek peserta didik bertutur menggunakan pilihan kata baru berupa bahasa Inggris, istilah, singkatan, akronim dan pilihan kalimat, dan dampak pada sosiolek tuturan peserta didik menggunakan kalimat sering bernada kasar/akrab (loma istilah dalam basa sunda),  juga tanpa bujukan dan pemberian pujian. 

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10 (3): 282-289.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasibuan, MS & Simarmata, Janner & Sudirman, Acai. 2019. ELearning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Malyana, Andasia. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. 2 (1): 67-76.

Mastura dan Rustan Santaria. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3 (2): 289-295.

Moh Nazir. 2005. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Muhammad, Hamid. 2020. Kemendikbud Sebut PJJ Tak Sama dengan Pembelajaran Daring dan Luring. https://www.jawapos.com/nasio nal/pendidikan/17/06/2020/... . Diakses tanggal 11 Januari 2021.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. http://lppm.univetbantara.ac.id/data/materi/Buku.pdf. Diakses tanggal 11 Januari 2021.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman. 3 (2): 333–352.

Putria, Hilna, Maula Luthfi, dan Uswatun Din. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4 (4): 861 – 872.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Suryati. Tanpa tahun. Sistem Manajemen Pembelajaran Online, melalui E-Learning.http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/download/2034/1543. Diakses tanggal 1 Februari 2021.

Syarifudin, Albitar. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan sebagai Dampak Diterapkannya Sosial Distancing. Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (1): 31-34.

Zulakbar, Achmad. 2018. Variasi Bahasa Dalam Komunikasi Komunitas Danz Base Makassar Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi. Universitas Hasanuddin.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.6420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.