MAJAS PADA LIRIK LAGU SLANK DALAM ALBUM SLANKISSME

Riyad Hilmi Firdaus

Abstract


Penelitian ini berjudul “MAJAS PADA LIRIK LAGU SLANK DALAM ALBUM SLANKISSME”. Penelitian ini dilatar belakangi karena sebagian besar masyarakat khususnya anak remaja, hanya mendengarkan lagu untuk mengobati rasa bosan, tanpa mengetahui bagaimana pembuatan lirik pada lagu dengan bahasa yang mempunyai nilai keindahan. Adapaun tujuan yang dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan majas pada lirik lagu Slank dalam album Slankissme. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, artinya data yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi dan tidak berupa angka-angka. Peneliti memilih metode ini karena ingin mendeskripsikan penggunaan majas pada lirik lagu Slank dalam album Slankissme. Objek dalam penelitian ini yaitu berupa lirik-lirik yang terdapat pada lirik lagu Slank dalam album Slankissme. Sumber data pada penelitian ini yaitu lirik pada lagu Slank dalam album Slankissme yang berjumlah 13 lagu, dan kemudian di analisis bentuk majas yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi pustaka, observasi lapangan, teknik simak, dan kemudian teknik catat. Penggunaan majas pada lirik lagu Slank dalam album Slankissme sangat beragam, hal itu dapat ditunjukan dengan data hasil analisis yang ditemukan pada lirik lagu Slank dalam album Slankissme dan memenuhi penggunaan ragam majas.

Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Chaer, A. 2012.linguistik umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mahsun, M., S. 2014. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: Rajawali Pers

Nazir, M. 2011. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.

Putri. A. 2020. Analisis Gaya Bahasa Dalam Lirik Lagu Fourtwnty Kajian Stilistika. Medan. : http://journal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/31078/17326

Ratna. 2009. Stilistika Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widowati. H, Suharto, S. 2012. Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Menerjemahkan Syair Lagu Anak-anak Dari Bahasa Indonesia Ke Bahasa Inggris Melalui Pelatihan Di TK Islam Al-Azhar 14 Semarang. Semarang. http;//journal.unnes.ac.id/sju/index.php/JSM/article/view/1796/5951.

Siswatoro. 2010. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: ALFABETA, cv.

Tarigan, H. 2011. Pengajaran Kosa Kata. Bandung: Percetakan Angkasa.

Sumber lain :

http://Slank.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.6422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.