PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF EXAMPLE NON EXAMPLE

Yuyun Siti Farida

Abstract


Hasil observasi menunjukkan tes formatif pada keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dikelas VIII E selama ini belum maksimal. Terbukti pada perolehan nilai pra siklus dari 39 siswa yang tuntas belajar baru 9 siswa atau 23,08% sedangkan 30 siswa atau 76,92% belum tuntas dengan nilai rata-rata klasikal 71,54. Hal ini masih dibawah nilai KKM yang ditentukan yaitu 75.Berdasarkan latar belakang sebagaimana dikemukakan di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah langkah-langkah penggunaan model pembelajaran kooperatif Example Non Example dalam meningkatkan keterampilan menulis laporan hasil observasi?; 2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan siswa dalam menulis laporan hasil observasi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif Example Non Example?Dalam proses pemecahan masalah, digunakan metode penelitian tindakan kelas (action research classroom). Dalam penelitian ini terdapat sumber data utama, yaitu siswa kelas VIII ESMP Negeri 2 Majenang yang berjumlah 39 orang, guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII E SMP Negeri 2 Majenang teman sejawat dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas VIII E SMP Negeri 2 Majenang, dan penulis sebagai peneliti dan pengamat.Berdasarkan hasilpenelitian, makadapat ditarik simpulan sebagai berikut : 1) Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif Example Non Example dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis laporan hasil observasi dilakukan melalui langkah-langkah : tahap kegiatan awal, tahap kegiatan inti dan tahap kegiatan akhir. 2) Terdapat perubahaan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VIII E SMP Negeri 02 Majenang. perubahaan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis teks laporan hasil observasi pada setiapsiklusnya yaitu:sebelumtindakannilairata-rata tentang menulis teks laporan hasil observasi siswa 71,54, siklusInilairata-rataketerampilanmenulis teks laporan hasil observasisiswa 67.67, dan siklus II nilai rata-rata keterampilan menulis siswa 88.00. Dengandemikian, penggunaanmodel pembelajaran koopratif tipe example non exampledalampembelajaran bahasa Indonesia materimembuat laporan hasil observasi yang baik dandapatmeningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII E SMPNegeri 02 Majenang.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i2.644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.