PENGARUH MINAT BACA CERPEN TERHADAP KEMAMPUAN MERESEPSI CERPEN (Studi Korelasional di SMP Islam Terpadu Riyadlul Qur’an Sukadana Ciamis)

Ady Baehaky Latief

Abstract


Minat baca adalah keinginan untuk memahami dan menguasai bahan bacaan untuk menambah kompetensi diri. Minat baca menjadi acuan atau konsep dasar ketika ingin menguasai dan memahami bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pengaruh minat baca cerpen terhadap kemampuan meresepsi cerpen siswa di SMP Islam Terpadu Riyadlul Qur’an Sukadana Ciamis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Riyadlul Qur’an Sukadana Ciamis Jawa Barat yaitu sebanyak 25 orang responden. Penentuan sampel yang digunakan yaitu teknik sampling yang sesuai dengan kemampuan peneliti. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan memberi instrument pernyataan pada responden. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa minat baca yang berada pada kategori tinggi mencapai 28%, kategori sedang 60% dan kategori rendah 12%. Kemampuan meresepsi cerpen siswa di SMP berada pada kategori tinggi mencapai 16%, kategori sedang mencapai 64% dan kategori rendah mencapai 20%. Dari data kuantitatif di atas, maka penulis berkesimpulan bahwa minat baca memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan meresepsi cerpen siswa di SMP Islam Terpadu Riyadlul Qur’an Sukadana Ciamis yaitu nilai r hitung yang diperoleh adalah sebesar 0,552 lebih besar dari r tabel 5% yaitu 0,396. Demikian dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikansi 5% r tabel = 0,396 dan r hitung 0,552 sehingga rtabel < r hitung. Oleh karena nilai r yang diperoleh yaitu 0,552 berada pada batas signifikan, yaitu pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,396 atas dasar pernyataan ini maka nilai r yang telah diperoleh dapat dikatakan signifikan. Serta dilihat dari tabel kekuatan korelasi, berada dalam kategori sedang.

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2013. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Anwari, M. Fahri. 2009. "Minat Membaca Masih Rendah, Kenapa?".Artikel. Diakses pada tanggal 8 April 2021. http://www.mfanwarie.webnode.com.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Tindakan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budianti, Melani dkk. 2003. Membaca Sastra (Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi). Magelang: Indonesia Tera.

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ebbers, Susan M. 2011. "How to Generate Interest So Reading Comprehension Improve." Jurnal.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra (Epistomologi, Model, Teori, dan Aplikasi). Yogyakarta: CAPS.

Franz, Kurt. 1986. Membina Minat Baca. Bandung: Remadja Karya.

Hadi, Sutrisno. 2019. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Hernowo. 2004. Quantum Reading. Yogyakarta: Kaifa.

Hetami, Fatma. 2010. "Resepsi Sastra dan Interekstualitas Sebagai Alternatif Pembelajaran Efektif dalam Mata Kuliah Drama Analysis". Artikel. Lembaran Ilmu Kependidikan Edisi September. Diakses pada tanggal 28 Juni 2021. http://scholar.google.co.id

Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra. Jakarta: Gramedia.

Makmun, Abin Syamsudin. 2016. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Marlina. 2016. "Manfaat dan Pengaruh Siaran Televisi bagi Masyaraka". Artikel. Diakses pada tanggal 28 April 2021 . http://agamkab.go.id.

Mulyasa. 2013. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Statistik Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

—. 2019. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2020. Beberapa Teori Sastra (Metode Kritik dan Penerapannya). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

—. 2020. Beberapa Teori Sastra (Metode Kritik dan Penerapannya). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purnama, Wina. 2008. "Sumbangan Minat Membaca Majalah Remaja terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VII SMPN 1". Skripsi. Diakses pada tanggal 3 Maret 2021. http://www.library.uny.ac.id.

Rachmat, Ani dkk. 2007. Pengaruh Bacaan Sastra dan Minat Baca terhadap Prestasi Akademik Siswa SMA 1 Tarogong Kidul Garut. Januari 19. http://www.adoc.pub.

Rahim, Farida. 2019. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Estetika Sastra dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sayuti, Suminto A. 2017. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Segers, Rien T. 2000. Evaluasi Teks Sastra (Terjemahan Suminto A. Sayuti). Yogyakarta: Adicita.

Shizary, Habiburrahman El. 2008. Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif. (Editor Anwar Efendi). Yogyakarta: Tiara Wacana.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujanto. 2014. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistriani, Agustina. 2007. "Hubungan Persepsi dan Minat Siswa terhadap Karya Sastra dengan Kemampuan Apresiasi Siswa Kelas VIII SMP N di Kecamatan Sokaraja". Skripsi. Diakses pada tanggal 3 Maret 2021. http://library.uny.ac.id.

Suryaman, Maman. 2011. "Menyemai Karakter melalui Pendidikan Sastra". Diakses pada tanggal 3 Maret 2021. http://www.library.uny.ac.id.

Takariawan, Cahyadi. 2010. "Televisi dan Masyarakat Kita". Artikel. Diakses pada tanggal 2 April 2021. http://cahyadi-takariawan.web.id.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi.

Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.

Wiyatmi. 2008. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.

Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strattegi Meningkatkan Kemampuan Membaca (Peningkatan Komprehensi). Yogyakarta: UNY Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.