KARAKTERISTIK LARAS BAHASA MEDIA SOSIAL FACEBOOK

Ai Dina Parnasari

Abstract


Penelitian ini berjudul “Karakteristik Laras Bahasa Media Sosial Facebook”. Bertujuan untuk menganalisis kata dan kalimat pada akun bisnis media sosial facebook dengan cara mencari dan menganalisis 3 akun bisnis yang sedang menjalankan bisnisnya. Kemudian peneliti menganalisis keterangan dari setiap produk yang diunggah berupa foto yang memuat kata-kata yang tepat dan sesuai dan menggunakan kalimat yang efektif. setiap akun bisnis pasti menyertakan keterangan dalam setiap produk yang diungahnya dalam media sosial salah satunya facebook, sering kali kurang dipahami oleh pembaca.  maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengdeskripsikan karakteristik kata dan kalimat dalam akun bisnis media sosoal facebook. Metode yang digunakan  yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik telaah pustaka, teknik observasi, teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik dalam pengolahan data yang digunakan yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan adanya ketepatan, kesesuaian dan keefektifan kalimat yang digunakan dalam keterangn produk. Implikasi dari karakteristik kata dan kalimat berdampak pada proses belajar mengajar untuk siswa, supaya siswa dapat menjadi komunikatif.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. 2010. Sosilinguistik Perkenalan Awal, jakarta: PT Rineka Cipta.

Wresniati Siwi. 1997. Sekilas Tentang Laras Bahasa Media Massa Cetak. Media Litbangkes. 03(04):33.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Depok: Rajawali Pers.

Mira Ziveria. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Efektif Pendukung Kegiatan Perkuliahan di Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe. Jurnal Online Mahasiswa. ISSN 2356 – 4393




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.