TINDAK TUTUR PADA INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR DI MADRASAH RIYADUL JANNAH (BAREGBEG CIAMIS)

Deti Rahayu, Nia Rohayati, Dedeh Rukaesih

Abstract


Penelitian ini yang berjudul “Tindak Tutur Pada Interaksi Belajar Mengajar di Madrasah Riyadul Jannah” Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu kecenderungan siswa atau peserta didik di Madrasah Riyadul Jannah lebih sering mengunakan bahasa daerahnya dan masih banyak yang mengunakan bahasa yang tidak baik juga yang sering dibawa ke sekolah Madrasah dari pada mengunakan bahasa yang bagus dan baik yaitu mengunakan bahasa indonesia, dan akan mengakibatkan pengunaan dan penguasaan siswa terhadap bahasa indonesia di sekolah sangatlah minim berdasarkan hal tersebut penelitian ini menggkaji Tindak Tutur di Madrasah Riyadul Jannah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis Tindak Tutur peserta didik dalam pembelajaran di Madrasah dari anak yang belum sekolah sampai ke anak kelas 6 sd di Madrasah Riyadul Jannah baregbeg ciamis. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif merupakan penelitian dengan mengunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data mengunakan data reductoin, data dispaly, dan yang terakhir adalah mengunakan data conclusion drawin/verification. Hasil dari penelitian ini menemukan 13 tuturan. Dari tuturan tersebut ada beberapa jenis Tindak Tutur peserta didik Di Madrasah Riyadul Jannah dalam pembelajaran di kelas, di Madrasah Riyadul Jannah ini terbagi menjadi 6 kelas 2 kelas seteh duhur dan 4 kelas setelah asar. Tindak tutur langsung, dan tindak tutur tidak langsung. tindak tutur literal, tindak tutur langsung literal, dan tindak tutur tidak langsung literal. Adapun tindak tutur yang dominal muncul yaitu tindak tutur tutur tidak langsung literal.

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 1985. Sosiologi Bahasa. Bandung : Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta : Renika Cipta.

Basuki Wibowo, Dr. Dan Dr. Farida Mukti, M.Si. 2001. Media Pe-ngajaran. Bandung : C.V. Maulana.

Chaer, Abdul. 2015. Pisikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta : Renika Cipta.

Chaer, Abdul. Dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : Renika Cipta.

Gintings, Abdorrakhman. 2014. Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung : Humaniora.

Ismail, Jakub. 1978. “Keadaan Kebahasaan di Indonesia dan Impikasinya bagi Pengajaran Bahasa Indonesia” Pengajaran Bahasa dan Sastra. Th. IV. No. 5 : 2-15.

Mahsum 2013 Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta :Rajawali Press.

Mahsum. 2017. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Trategi, Metode, dan Tekniknya. Depok : Rajawali Pers.

Mulyono, Nono. 2016. Kurikulum & Pembelajaran. Bandung : Rizky Pres.

Kartono, Giri. 1975. “Kedudukan dan Fungsi Bahasa Asing di Indonesia”Bahasa dan sastra, Th. l, No. 3 : 13-20.

Kurikulum Bahasa Indonesia.1994. Jakarta : Pusat Kurikulum, Balibang, Depdikbud.

Rahayu, Deti. 2021. Tindak Tutur Pada Interaksi Belajar Mengajar Di Madrasah Riyadul Jannah Universitas Ciamis.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung Angkasa.

Tarigan, Herny Guntur 1980. Menyimak Sebagai Suatu Keteampilan Berbahasa. Bandung : FKSS - IKIP.

Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia, 1998. Jakarta : Dekdikbud.

Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. Ke-3. Jakarta : Balai Pustaka.

Thobroni. 2016. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Yule. George. 2014. Pragmatik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.