KESANTUNAN BERBAHASA MASYARAKAT PASAR (Deskripsi di Pasar Galuh Kawali Kabupaten Ciamis)

Herdiana Herdiana, Iis Siti Aisah

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi karena masih terdapat sebagian masyarakat yang kurang memahami apa itu kesantunan berbahasa, bagaimana cara berbahasa yang santun, serta menambah wawasan sebagai calon guru untuk menumbuhkan karakter siswa supaya menggunakan bahasa yang santun. Adapun tujuan yang dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa pada tuturan masyarakat Pasar Galuh Kawali Kabupaten Ciamis. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif artinya data yang dianalisis dan hasil analisisnya berbentuk deskripsi dan tidak berupa angka-angka. Peneliti memilih metode ini karena ingin mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa masyarakat di Pasar Galuh Kawali Kabupaten Ciamis. Objek dalam penelitian ini yaitu berupa tuturan yang digunakan masyarakat Pasar Galuh Kawali Kabupaten Ciamis yang kemudian di analisis menggunakan prinsip kesantunan berbahasa. Sumber data dari penelitian ini yaitu peristiwa pertuturan masyarakat Pasar Galuh Kawali pada 25 kios sayuran. Teknik penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi pustaka, observasi lapangan, teknik rekam, dan kemudian mentranskripsi data hasil rekaman. Kesantunan berbahasa pada masyarakat Pasar Galuh Kawali Kabupaten Ciamis dari 25 kios sayuran, terbilang santun, hal itu dapat ditunjukan dengan data-data yang ditemukan di lapangan dan memenuhi prinsip kesantunan berbahasa.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyono, Sugeng A. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia. http://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79

Cahyani Nur, D & Rokhman F. 2017. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi di Lingkungan Universitas Tidar: Kajian Sosiopragmatik. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka/article/download/14763/8409

Chaer, Abdul & Agustiana L. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyono, Dwi, B. 2018. Model Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia yang Ideal dan Inovatif. http://jurnal.unimed .ac.id/2012/index.php/kultura/article/view/11765/10266.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Galia Indonesia.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA

Yustina & Jumadi. 2015. Wujud Kesantunan dan Ketidaksantunan Berbahasa Pedagang di Pasar Sentra Antasari Banjarmasih (A Form Of Politenes And Not Politeness Speak At Market Traders Sentra Antasari Banjarmasin) http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbsp/article/view/3734.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.