KARAKTERISTIK BAHASA KOMUNITAS JUAL BELI ONLINE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Kurniawati Kurniawati, Herdiana Herdiana

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk menganalisis karakteristik variasi bahasa dari segi sarana dan pemakaian dalam media sosial instagram dengan cara mencari beberapa akun bisnis media sosial instagram yang telah berhasil menjalankan bisnisnya kemudian menganalisis keterangan setiap produk yang diunggah dalam bentuk foto/video yang memuat penggunaan variasi bahasa, meneliti kecenderungan penggunaan variasi bahasa yang sering digunakan. Sampel penelitian ini adalah 3 akun bisnis media sosial instagram yang masing-masing akun diambil 5 sample keterangan dalam produk yang diunggah dalam bentuk foto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik data yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik telaah pustaka,teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik dalam mengolah data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.  Hasil penelitian karakteristik penggunaan variasi bahasa pada akun bisnis medial sosial instagram menunjukkan adanya variasi bahasa pada kecenderungan kalimat yang sering digunakan. Implikasi dari karakteristik bahasa tersebut berdampak pada proses belajar mengajar yaitu pada bahan ajar, supaya pembelajaran menjadi lebih bervariasi.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Chaer, Abdul. 2012.linguistik umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Harsono, B.H. 2017. Fungsi Tuturan Guru dalam Interaksi Belajar Mengajar Di SMK Al-Furqon Desa Palengaan Daya Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Komposisi. 2 (1) : 3-8.

Iis Nur Wahyuni. 2017. Penggunaan Bahasa pada Transaksi Jual Beli Online Shop Sari Collection. http://pbsi3b2016.blogspot.com/2017/12/penggunaan-bahasa-pada-transaksi-jual.html?m=1. Diakses tanggal 28 April 2021

Kencana f. P. 2019. Karakteristik Laras Bahasa dalam Media Sosial Instagram. Jurnal Diksatrasia. 1 (2) : 3-6.

Kridalaksana, Harimurti. 2008. Kamus linguistik, Jakarta: PT. Gramedia Umum.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa. Depok : Rajawli Pers.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Pateda, Mansoer. 2015. Sosiolinguistik. Bandung : CV Angkasa

Sugyono, 2015. Metode Penelitian Kunatitafif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Tarigan, Hendri Guntur. 1984. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa

Zuhri. 2017. RPP TEKS IKLAN, SLOGAN, DAN POSTER LENGKAP 4C, LITERASI, PPK HOTS. https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/08/rpp-teks-iklan-slogan-dan-poster.html. Diakses tanggal 28 Juni 2021 .




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.