KESANTUNAN BERBAHASA DALAM AKUN YOUTUBE SON OF DAD

Linda Hajarwati, Hendaryan Hendaryan

Abstract


Penelitian ini berjudul Kesantunan Berbahasa dalam Akun Youtube Son of Dad. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu bahwa pada dasarnya bahasa yang digunakan dalam media sosial sangat beragam dan banyak sekali yang tidak lagi memperhatikan kaidah-kaidah penggunaan bahasa itu sendiri. Selain itu juga pemakai bahasa terkadang tidak memperhatikan dengan baik menganai isi atau makna yang terkandung dalam setiap ucapannya. Salah satu yang menjadi pembahasan dari penelitian ini penulis lebih memfokuskan terhadap kesantunan berbahasa yang ada dalam akun youtube  Son of  Dad. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik kesantunan berbahasa dalam akun youtube Son of Dad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik pustaka, teknik simak, teknik catat, dan teknik analisis.. Hasil yang muncul terlihat dari total frekuensi tertinggi ada pada pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa dengan jumlah persentase 61,8%, sedangkan sisa persentase ada pada pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yaitu 38,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tuturan dalam akun youtube Son of Dad cenderung tidak santun.

Full Text:

PDF

References


Alika, Shintia D. 2017. Penyimpangan Prinsip Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jurnal JalaBahasa. 13(1):39-48.

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2018. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusmanto, dkk. 2019. Realisasi Kesantunan Berkomunikasi Pada Media Sosial Instagram @Jokowi: Studi Politikopragmatik. Jurnal Parafrase. 19(02): 119-130.

Mahsun. 2017. Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode dan Tekniknya. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sari, Afna F. 2020. Etika Komunikasi (Menanamkan Pemahaman Etika

Komunikasi Kepada Mahasiswa). Journal of Education and Teaching. 1 (2): 127-135.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.