NILAI MORAL DALAM NOVEL SAMPAI JUMPA DI SURGA KARYA IPNU RINTO NOEGROHO

Hilmi Siti Hanifah

Abstract


Penulis tertarik meneliti novel Sampai Jumpa Di Surga Karya Ipnu Rinto Noegroho karena nilai kehidupan dalam novel ini di fokuskan pada pembahasan nilai moral. Selanjutnya pembentukan nilai moral para tokoh tersebut dikaitkan dengan latar belakang asal tempat yang terdapat dalam novel dan kehidupan sosial masyarakat. Novel ini juga mengajak pembacanya untuk mendaki tanjakan spiritual yang sangat tinggi yaitu menghormati kepada orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan nilai moral dan implikasi pembahasan novel yang terdapat dalam novel Sampai Jumpa Di Surga Karya Ipnu Rinto Noegroho digunakan dalam pembelajaran apresiasi sastra di sekolah. Adapun hasil penelitian ini penulis tuangkan ke dalam bentuk skripsi dengan judul “ Nilai Moral Dalam Novel Sampai Jumpa Di Surga Karya Ipnu Rinto Noegroho “.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Nilai Moral apa saja yang terdapat dalam novel Sampai Jumpa Di Surga Karya Ipnu Rinto Noegroho?” masalah dalam penelitian ini dibatasi dengan nilai moral yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan manusia lainnya atau lingkungan dan hubungan manusia dengan tuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk “ Mendeksripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Sampai Jumpa di Surga Karya Ipnu Rinto Noegroho.”Metode yang penulis gunakan adalah metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa novel Sampai Jumpa di Surga Karya Ipnu RInto Noegroho mengandung nilai nilai moral yaitu : (1) Percaya diri (mampu mandiri,menghargai diri sendiri,bersikap berani, dan pantang menyerah). (2)Empati (ikut merasakan ketika oranglain merasa sedih,tersakiti dan terluka,memahami keadaan oranglain), (3) kepercayaan manusia kepada tuhan-nya, (4) kedekatan manusia dengan tuhan-nya.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Alfan, Muhammad. 2013. Pengantar Filsafat Nilai. Bandung: Pustaka Setia.

Aminuddin. 1990. Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa, dan Sastra. Malang: Yayasan Asih Asah Asuh.

Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru. Algesindo.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Baldick, C. 2001. Oxford concise dictionary of literary terms. New York: Oxford.

Damono, Sapardi Djoko. 1984. Sosiologi Sebuah Pengantar. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor. Indonesia.

Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Emzir. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta . Rajawali pres.

Iskandarwasid dan Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung. Wellek,Rene dan Warren, Austin 1993. Teori Kesusastraan ( terjemahan Melani Budianto ). Jakarta : Gramedia.

Kosasih. E. 2018. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta : Nobel Edumedia.

Nurgiyanto, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Cetakan 1X.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.