KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KONTEN VLOG YOUTUBE SHERLY ANNAVITA RAHMI (Deskripsi terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Media Sosial)

Ina Kartina

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kesantunan Berbahasa dalam Konten Vlog Youtube Sherly Annavita Rahmi (Deskripsi terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Media Sosial)”. Latar belakang penelitian ini yaitu youtuber hanya memerhatikan aspek kebahasaan. Seorang youtuber harus menggunakan bahasa yang santun dan berterima. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengkaji karakteristik kesantunan berbahasa dalam konten vlog youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kesantunan berbahasa dalam konten vlog Sherly Annavita Rahmi. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang ada dalam tujuh belas konten vlog Sherly Annavita Rahmi yaitu konten Ribut Pilpres Amerika, Trump Presiden Terburuk?, Mau Berbuat Jahat? Yuk Berpikir UlangJ, Presiden Ajak Benci Produk Luar Negeri?, Miras antara Wacana dan Penolakan, Frasa Agama Dihilangkan?, Ketika Kesabaran Rakyat Terus Diuji, Sebentar Lagi Panen Raya, Impor Beras Tetap Lanjut?, Belajar dari Sir Alex Ferguson, Sebuah Perenungan, Kisah Dua Ekor Serigala . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik telaah pustaka, teknik simak, teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud karakteristik kesantunan berbahasa tuturan dalam konten vlog Sherly Annavita Rahmi ditemukan (1) adanya pematuhan prinsip kesantunan berbahasa, (2) adanya pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada youtuber dalam proses pembuatan konten, selain itu penelitian ini juga dapat menghasilkan model bahan ajar dan juga dapat diterapkan dalam upaya pembentukan karakter mahasiswa di kampus.

Full Text:

PDF

References


Akhyaruddin. 2017. Strategi Kesantunan Berbahasa Indonesia Dalam Peminimalan Beban dan Paksaan di Kalangan Warga Kampus Universitas Jambi. Pena.7 (1): 32-33.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa . Jakarta: Rineka Cipta.

Chandra, Septian. Makalah Bahasa Indonesia (Online) (https://www.academia.edu/6781736/Makalah_bahasa_indonesia. Diakses tanggal 21 Juni 2020.)

Departemen Pendidikan Nasional. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia

(Edisikelima). Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, I K. 2014. Penyimpangan Prinsip Kesantunan Dalam Vlog (Video Blog) By Indonesia Youtuber.1

Eribka, dkk. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-journal “Acta Diurna”.VI (1).6-8

Faiz, Fahruddin. 2018. Etika Komunikasi.(Online) (https://www.media-koentji.site/search. Diakses tanggal 10 Januari 2020.)

Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. 2019. Separuh Penduduk Indonesia Sudah “Melek” Media Sosial. .(Online) (https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2019/02/04/19140037/separuh-penduduk-indonesia-sudah-melek-media sosial. Diakses tanggal 10 Januari 2020.)

Rahayu, T. 2017. Kesantunan Berbahasa sebagai Cerminan Karakter Bangsa. Jurnal of Language learning and Research. 1(1): 24-31.

Sugiyono. 2008. MetodePenelitianPendidikan. Bandung: Alfa Beta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.