PENERAPAN STRATEGI LEARNING COMMUNITY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA MASSA PANDEMIC COVID-19

Taty Toeryanti Noer, Irah Irah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) perencanaan pembelajaran menulis karangan sederhana dengan strategi learning community; (2) langkah-langkah pemeblajaran menggunakan strategi learning community; (3) prosedur dan bentuk pengkuran; (4) perubahan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana dengan menggunakan strategi laearning community. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswakelas III SD negeri 2 Imbagara raya sebanyak 30 orang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kelas control. Pengumpulan data penelitian kitria meliputi teks tertuilis dan obersvasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) pencanaan pelaksanaan pembelajaran seudaidengan criteria penilain contekstual teaching learning (2) langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengancara : a. Guru menjelasakan rencana kegiatan saat itu, yaitu mendeskripsikan tahap-tahap menulis permulaan sebuah karangan. Kemampuan yang dilatih adalah cara menulis karangan dengan memperhatikan ketepatan pilihan kata, penggunaan tanda baca dan penyusunan kalimat efektif. b. Siswa dibagi dalam empat kelompok. Untuk itu guru mengintruksikan pembentukan kelompok. c. Guru membagikan pokok bahasan pilihaj kata untuk kelompok 1, pokok bahasan tanda baca untuk kemlompok 2, dan pokok bahasan kalimat efektik untuk kelompok 3. Tiap-tipa kelompok dibagi naskah karangan untuk dianalisis. d. Siswa dalam kelompoknya masing masing mulai menemukan pokok permasalahn yang harus ditentukan.e. Setelah 15 menit, secara bergantian masing-masing kelompok yang sedang membahas kepada kelompok yang tidak membahas untujk bertanya, demikian dan seterusnya f. Siswa menulis karangan narasi berdasarkan data yang diperolaeh secara kelompom dengan memperhatikan ejaan, piihan kata, tanda baca, keefektifan kalimat. (3) Prosedur dan bentuk penilai/pengukuran yang digunakan dalam pembelajaran menulis karangan dengan strategi learning community, menempuh prosedur penilain proses belajar dalam pembelajaran. Bentuk tes awal (pretest) dan test akhir (Postest) (4) terdapat adanya perubahan peserta didik dalam menulis karangan sederhana setealah mengikuti pembelajaran dengan menggunkan startegi laearning community. Hal ini terbukti dengan nilai T table 1,701 lebih kecil dari pada T hitung24,76 . Dengan demikian hipotesis dapat diterima

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti (1988). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia :Erlangga

Anwar. 2011. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana dengan Menggunakan Media Gambar Seri. Skripsi. Jurusan PGSD Universitas Pendidikan Indonesia.

Arikunto, Suharsimi (1998) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik

Asfuri, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(1), 84- 111

Kartini, T., & Rusman, R. (2019). Studi Evaluatif Kurikulum Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Dalam Jaringan Terhadap Peningkatan Kompetensi Pendidik Paud. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 74–86. https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.2365

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67– 76

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Nurhadi, N. H 2002. Pendekatan kontekstual (Contextual teaching and Learning). Jakarta; Depdiknas

Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia: teori dan Aplikasi. Bandung: Karya Putra Darwati.

Saddhono, Kundharu. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Sugiyono (2016). Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif R & D

Suhendar, M.e 1992. Strategi Belajar bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia. Bandung: Mandar Madju

Suherli. 2001. Kajian Teoritis Dan Aplikasi Dalam Penysunan Karya Ilmiah. Ciamis : Galuh Press

Surtyaningsih,Syahran (2012). Makalah motivasi siswa. Tersedia :http://suryaningsih-sins.blogspot.co.id/2012/04makalah-motivasi-siswa.html.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Darsono, Toto Sinu (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas V SD Negeri I Baturetno Wonogiri. Universitas Sebelas Maret.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v5i1.6541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.