TINDAK TUTUR OLEH PEMELAJAR BIPA DI MUSLIM SANTITHAM FUNDATION SCHOOL THAILAND: KAJIAN PRAGMATIK BAHASA ANTARA (INTERLANGUAGE PRAGMATICS)

Oktavia Winda Lestari, Mohamad Jazeri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan adanya tindak tutur dalam bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA di Muslim Santitham Fundation School Thailand. Data diperoleh pada saat pembelajaran BIPA di Muslim Santitham Fundation School Thailand. Data diambil secara langsung dari lapangan dengan teknik simak dan catat. Simak digunakan untuk mengetahui data tindak tutur dalam pembelajaran BIPA. Catat digunakan untuk mengumpulkan data tuturan dari pemelajar BIPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan pragmatik bahasa antara. Data dianalisis dengan prespektif pragmatik untuk memperoleh faktor-faktor yang menyebabkan perbedaan pada tindak tutur dalam bahasa Indonesia oleh pemelajar BIPA. Hasil analisis data ditemukan bahwa ada empat faktor tindak tutur, yaitu ragam formal dan informal, pemilihan strategi tutur, pemilihan formula semantik, dan pemilihan pronomina persona.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.6745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.