NILAI MORAL DALAM NOVEL RUDY: KISAH MASA MUDA SANG VISIONER KARYA GINA S. NOER

Ade Ramdan

Abstract


Ade Ramdan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh. Dosen pembimbing: H. S. Munir, Drs.,M.M. dan Dr. Dedeh Rukaesih, Dra.,M.Pd. Penulis tertarik meneliti novel Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner karya Gina S. Noer karena novel ini sangat populer saat penerbitannya dan juga isinya yang memuat berbagai inspirsi dan mengndung bnyk nilai kehidupan. Kisah perjuangan Rudy dalam mewujudkan cita-citanya sangat mengispirasi bagi para pelajar yang sedng menempuh pendidikan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai moral dan dapat dijadikan dasar sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah Menengah Atas. Dapun hasil penelitian ini, penulis tuangkan dalam bentuk skripsi yang berjudul, Nilai Moral dalam Novel Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner Karya Gina S. Noer.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, “Bagaimanakah nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Rudy; Kisah Masa Muda Sang Visioner  karya Gina S. Noer?”Masalah dalam penelitian ini dibatasi pada nilai moral yang berkitan dengan hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan lingkungan alam, dan hubungan manusia dengan Tuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk, Mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam novel Rudy; Kisah Masa Muda Sang Visioner  karya Gina S. Noer. Metode yang penulis gunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menggambarkan hasil penelitian.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa novel Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner Karya Gina S. Noer mengndung nilai moral yaitu: (1) hubungan manusia dengan diri sendiri (terdapat tokoh yang bersikap jujur, terdapat tokoh yang berprasangk baik, terdapat tokoh yang berpikir cerdas, terdapat alur yang menggambarkan rasa tanggung jawab,dan terdapat tokoh yang selalu bersabar), (2) hubungan manusia dengan manusia lain (terdapat tokoh yang dermawan, terdapat tokoh yang tolong—menolong, terdapat tokoh yang berbakti pada orang tua, dan terdapat alur yang menggambarkan untuk senantiasa merwat lingkungan), (3) hubungan manusia dengan Tuhannya (terdapat tokoh yang taat beribadah, terdapat tokoh yang selalu berdoa, terdapat tokoh yang selalu bersyukur, dan terdpat tokoh yang memohon ampun kepada Allh SWT).

Full Text:

PDF

References


Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharismi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aziez dan Hasim. 2015. Menganalisis Fiksi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Bertens, K. 1993. Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia.

Jakarta: PT Intan Pariwara.

Kementrian Agama Republik Indonesia. 2010. Al Quran dan Terjemannya

Depok: Penerbit Quran Ab.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat

Kurikulum dan Penerbitan, kemendikbud.

Nugraha, Angga. 2019. Peningkatan Daya Tafsir Siswa Terhadap Makna Puisi

Dengan Menggunakan Model Group Investigasion Di SMA Negeri 3 Ciamis. Skripsi. Fakultas Keguruam dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh, Ciamis.

Salpiani, Etin. 2020. Nilai Moral dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye.

Skripsi. Fakultas Keguruam dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh, Ciamis.

Setyawati, Elyna. 2013. Analisis Nilai Moral Dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan

Karya Agnes Davonar. Skripsi. Fakultas Bahasa dn Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Agustin, Ela. 2015. Analisis Nilai Moral Dalam Novel Aisyah Karya Irfan

Hudaya. Skripsi. Fakultas Keguruam dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh, Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i1.7068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.