NILAI SOSIAL DALAM LIRIK LAGU ALBUM CINTA LUAR BIASA KARYA ANDMESH KAMALENG

Sinta Novianti, Nia Rohayati, Rina Agustini

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul Nilai Sosial Dalam Lirik Lagu Album Cinta Luar Biasa Karya Andmesh Kamaleng. Penelitian ini didasari dengan permasalahan penyediaan bahan ajar serta bahan ajar yang kurang proposional, sehingga pendidik dituntut memilih bahan ajar yang efektif dan sesuai dengan perkembangan zaman peserta didik, maka dengan hal tersebut dengan memanfaatkan lirik lagu album Cinta Luar Biasa karya Andmesh Kamaleng yang dikaji berdasarkan nilai sosial untuk dijadikan sebagai alternatif bahan pembelajaran dalam menulis puisi di SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan nilai sosial yang terdapat pada lirik lagu album Cinta Luar Biasa karya Andmesh Kamaleng. Penelitian ini menggunakan dasar teori nilai sosial menurut Notonegoro, nilai-nilai yang diteliti meliputi, nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Nilai kerohanian memiliki aspek, nilai kebenaran, nilai estetik (keindahan), nilai kebaikan (moral), dan nilai religius (ketuhanan). Sumber data pada penelitian ini lirik lagu karya Andemsh Kamaleng, sedangkan data pada penelitian ini album Cinta Luar Biasa karya Andemsh Kamaleng. Metode dan teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik simak, teknik catat, dan Teknik dokumentasi. Teknik analsisi data yang digunakan yakni meredukasi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan lirik lagu album Cinta Luar Biasa karya Andmesh Kamaleng dengan kriteria pemilihan bahan ajar. Setelah dilakukan analisis dapat disimpulkan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam lirik lagu album Cinta Luar Biasa karya Andmesh Kamaleng adalah. Nilai material sebanyak 1 (satu) lirik lagu. Nilai vital sebanyak 3 (tiga) lirik lagu. Niali kerohanian dengan 4 aspek yaitu yang pertama, nilai kebenaran sebanyak 3 (tiga) lirik lagu. Nilai keindahan sebanyak 1 (satu) lirik lagu. Nilai kebaikan atau moral sebanyak 5 (lima) lirik lagu dan nilai religius (ketuhanan) sebanyak 3 (tiga) lirik lagu. Terbukti bahwa nilai sosial pada lirik lagu album Cinta Luar Biasa karya Andmesh Kamaleng tersebut sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar yang digunakan, serta bahan ajar yang menarik perhatian siswa dan bahan ajar yang berada dalam batas kemampuan peserta didik sesuai dengan kompetensi dasarnya untuk mempelajarinya. Kata kunci: Nilai sosial, lirik lagu album Cinta Luar Biasa 

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasi Pendidikan Karakter. Edisi 2. Bandung: PT Retika Aditama.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Winarno, H. d. (2016). Ilmu sosial dan budaya dasar. Jakarta: Bumi aksara.

Mahsun, M. (2012). Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, metode, dan tekniknya. Edisi 6. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Risdi, A. (2019). nilai nilai Sosial Tinjauan dari sebuah novel. Edisi 1. Lampung: CV Iqro.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.