NILAI KARAKTER DALAM FILM SEPATU DAHLAN KARYA BENNI SETIAWAN

Ikeu Nurul 'aini

Abstract


Penelitian ini berjudul “Nilai Karakter dalam Film Sepatu Dahlan Karya Benni Setiawan”. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu ketertarikan penulis terhadap film ini dan berusaha untuk memberikan informasi kepada masyarakat sehingga film ini akan menjadi salah satu contoh bahwa karya sastra dalam penciptaannya tidak lepas dari kehidupan sosial masyarakat khususnya nilai karakter. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan film berjudul Sepatu Dahlan karya Benni Setiawan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah film  Sepatu Dahlan karya Benni Setiawan, yang dipilih oleh penulis sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, teori yang digunakan yaitu teori Samani dan Hariyanto yang memuat 7 aspek. 1) jujur 2) tanggung jawab 3) cerdas 4) sehat dan bersih 5) peduli 6) kreatif 7) gotong royong, sehingga diperoleh temuan bagaimana pengarang menuliskan kisah masa kecil Dahlan Iskan yang menjalani hidup dengan penuh kesederhanaan, dan bagaimana sosok Dahlan berjuang mempertahankan hidupnya dalam keadaan ekonomi yang rendah, dan bagaimana nilai karakter yang dapat diambil dari film tersebut bagi masyarakat. Saran bagi guru bahasa Indonesia dalam pengembangan materi ajar alangkah baiknya guru melengkapi bahan ajar buku paket dengan bahan ajar yang lain agar bahan ajar bervariatif. Hasil penelitian dalam film Sepatu Dahlan karya Benni Setiawan diharapkan dapat dijadikan bahan ajar di SMA.

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa. H. 2014. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam : Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 8(1): 1-26

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashifana, Zuan. 2019. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Animasi “Bilal : A new Breed of Hero”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Askurifai, Baskin. 2003. Membuat Film Indie Itu Gampang. Bandung: Penerbit Kanisius

Boyatzis, McKee. 2009. Definisi kepedulian. Bandung: Lentera Cahaya

Dharma Kesuma. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Effendy, Heru. 2009. Mari Membuat Film, Jakarta: Erlangga.

Irons, Peter. 2003. Keberanian Mereka yang Berpendirian, Bandung: Angkasa

Kariati, Suci. 2014. Analisis Nilai Moral pada Novel Sepatu dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Skenario Pembelajaran Sastra pada Siswa Kelas XI SMA. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Maharani, Astri Dhiah. 2010 “Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Syariah Cabang Semarang”. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro Semarang

Moleong, Lexy J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munsyarif, Aan. 2014. “Aspek Sosial dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabichara: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA”. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pannen, P., Purwanto. 1995. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Posdakarya.

Sarwono, Sarlito W. & Eko A. Meinarno. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika

Shihab, M.Q. 2011. Membumikan Al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan Media Utama.

Sudrajat, Ajat. 2014. “Nilai-Nilai Budaya Gotong Royong Etnik Betawi Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Disertasi, Sekolah Pascasarjana”. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 1995. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Wicaksono, Bayu Aji. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Big Book Berbasis Budaya Lokal Sub Cerita “Sejarah Wirasaba” Pada Tingkat Sekolah Dasar. Masters Thesis. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Wikipedia. 2014. Sepatu Dahlan. https://id.wikipedia.org/wiki/Sepatu_Dahlan. Diakses tanggal 24 Desember 2021.

Wijayanti, M.N. 2013. Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Film Rumah Tanpa Jendela karya Aditya Gumay dan Relevansinya dengan Pendidikan Anak Usia MI. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.