KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KONTEN CHANNEL YOUTUBE RANS ENTERTAINMENT

Latisa Nurfatiyah

Abstract


ABSTRAKLatisa Nurfatiyah, 2108180030, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis.Penelitian ini berjudul “Kesantunan Berbahasa dalam Konten Channel Youtube Rans Entertainment (Deskripsi Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Media Sosial)”. Latar belakang penelitian ini yaitu youtuber hanya memerhatikan aspek kebahasaan. Seorang youtuber harus menggunakan bahasa yang santun dan berterima. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengkaji karakteristik Kesantunan Berbahasa dalam Konten Channel Youtube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik Kesantunan Berbahasa dalam Konten Channel Youtube Rans Entertainment. Metode yang digunakan dalam penlitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang ada dalam tiga konten channel youtube Rans Entertainment yaitu konten Penghasilan Endorse Sesen & Merry Bikin Raffi Ahmad Shock!!!, Jerome Polin Blak-Blakan di Podcast Raffi dari Mulai Anak Kuliahan Biasa Sampai Jadi Miliarder, dan Manager Nagita Curhat ke Raffi Ahmad!!! Langsung di Kasih Hadiah Program Bayi Tabung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik telaah pustaka, teknik simak, teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan, yakni pengumpulan data, reduksi data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud karakteristik kesantunan berbahasa tuturan dalam Konten Channel Youtube Rans Entertainment ditemukan (1) adanya pematuhan prinsip kesantunan berbahasa, (2) adanya pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Selanjutnya, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan kepada youtuber dalam proses pembuatan konten, selain itu penelitian ini juga dapat menjadi bahan webinar dan juga dapat diterapkan dalam upaya pembentukan karakter mahasiswa di kampus.Kata kunci: kesantunan berbahasa, pematuhan, pelanggaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa . Jakarta: Rineka Cipta.

Eribka, dkk. 2017. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. E-journal “Acta Diurna”. VI (1): 3-8.

Hendaryan. 2015. Ekspresi Kesantunan Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Penutur Dwibahasawan Sunda. 5-254 Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. (Disertasi)

Nazir, Moh. 2014. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sudaryanto. 2015. Metode dan Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Darma University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.