NILAI MORAL DALAM NOVEL SUJUD NISA DI KAKI TAHAJJUD-SUBUH KARYA KARTINI NAINGGOLAN

Milda Milda Milda, Andri Noviadi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Nilai Moral dalam Novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud-Subuh Karya Kartini Nainggolan”. Adapun yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini yaitu bahan ajar mengenai novel yang terdapat di dalam buku paket kurang bervariatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana nilai moral dalam novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud-Subuh karya Kartini Nainggolan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai moral dalam novel yang berjudul Sujud Nisa di Kaki Tahajjud-Subuh karya Kartini Ninggolan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik analisis, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian terhadap nilai moral dalam novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud-Subuh karya Kartini Nainggolan dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi a) jujur, b) sabar, c) tanggung jawab. (2) Hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial termasuk hubungannya dengan lingkungan alam meliputi a) tolong menolong, b) menghormati orang tua, c) saling menghargai, d) saling mendukung. (3) Hubungan manusia dengan Tuhannya meliputi a) keimanan dan ketaqwaan, b) tawakal, c) bersyukur, d) bertasbih, e) beristigfar, f) berdo’a. Keberadaan nilai moral tersebut dapat dijadikan dasar dan acuan bagi guru dalam rangka pemilihan bahan ajar bermuatan nilai moral. Kata Kunci: Novel, Nilai Moral.

Full Text:

PDF

References


Abidin. Y. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refrika Aditama

Ali, Z. 2012. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Anggito, A dan Setiawan J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Jauhari, 2010. Cara Memahami Nilai Religius dalam Karya Sastra dengan Pendekatan Reader’s Response. Bandung: CV. Arfino Raya

Nurgiyantoro, B. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pannen P, Purwanto. 1995. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Posdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardjo dan Saimi. 1997. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. J

Sumber dari Jurnal:

Ghoni, 2016. Konsep Tawakal dan Relevansinya dengan Tujuan Pendiidkan Islam: Studi Komparasi Mengenai Konsep Tawakal menurut M. Quraish Shihab dan Yunan Nasution.Jurnal Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial. 3 (2)

Romansyah, 2016. Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika. 17 (2) : 60

Utama, 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Sikap Saling Menghargai Siswa dalam Bergaul dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif. 4 (1) : 52




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.