NILAI MORAL DALAM ANIME FILM NARUTO THE MOVIE ROAD TO NINJA KARYA MASHASI KISHIMOTO

Dede M Halim Firmansyah, Andri Noviadi

Abstract


Penulis tertarik meneliti film Naruto The Movie Road To Ninja Karya Mashasi Kishimoto karena nilai kehidupan dalam film ini difokuskan pada pembahasan nilai moral. Selanjutnya, pembentukan nilai moral para tokoh tersebut dikaitkan dengan latar belakang asal tempat yang terdapat dalam film dan kehidupan masyarakat. Film ini juga mengajak penontonnya untuk bisa saling membantu satu sama lain, menumbuhkan rasa kasih sayang, dan perjuangan membela yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai moral dalam film Naruto The Movie Road To Ninja Karya Mashasi Kishimoto, digunakan dalam pembelajaran apresiasi sastra di sekolah. Adapun hasil penelitian ini penulis tuangkan ke dalam bentuk skripsi dengan "Nilai Moral Dalam Anime Film Naruto The Movie Road To Ninja Karya Mashasi Kishimoto".Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Nilai Moral yang terdapat dalam film Naruto The Movie Road To Ninja Karya Mashasi Kishimoto?" Masalah dalam penelitian ini dibatasi dengan nilai moral yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dan lingkungannya, dan hubungan manusia dengan Tuhannya.Penelitian ini bertujuan untuk "Mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam film Naruto the Movie Road to Ninja Karya Mashasi Kishimoto." Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu metode yang menggambarkan hasil penelitian.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bawha film Naruto the Movie Road to Ninja Karya Mashasi Kishimoto mengandung nilai-nilai moral yaitu: (1) Hubungan manusia dengan dirinya sendiri (percaya diri, berani dalam mengambil keputusan, kerja keras, pendirian yang kuat, emosi kebahagiaan). (2) Hubungan manusia dengan manusia lainnya dan lingkungannya (tolong menolong dan kesetiakawanan, cinta kasih kedua orang tua, tanggung jawab). (3) Hubungan manusia dengan Tuhannya (percaya adanya Tuhan)Kata Kunci : Nilai Moral, Film

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2013. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Alfan, Muhammad. 2013. Pengantar Filsafat Nilai. Bandung : Pustaka Setia.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bertens, K. 2007. Etika. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Noor, Redyanto. 2010. Pengantar Pengkaji Sastra. Semarang : Fasindo.

Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada.

Om.makplus. 2018. Pengertian nilai moral menurut ahli http://www.definisi-pengertian.com (diakses pada 15 Desember 2021)

Semi, M Atar. 1988. Anatomi Sastra. Padang : Angkasa Raya.

Sugiyono.2018.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Wikipedia. 2016. Road to Ninja : Naruto the Movie https://id.wikipedia.org/wiki/Road_to_Ninja:_Naruto_the_Movie. (diakses pada 16 Desember 2021)

W. Poespoprodjo, S.H., SS., B.Ph. (1999). Filsafat Moral. Bandung : CV Pustaka Grafika.

Zuriah, Nujrul. 2015. Pendidikan Moral & Budaya Dasar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.