NILAI PENDIDIKAN DALAM PERTUNJUKAN SENI EBEG DI KECAMATAN LANGENSARI KOTA BANJAR

Surati Surati, Hendaryan Hendaryan

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul Nilai Pendidikan dalam Pertunjukan Seni Ebeg di Kecamatan Langensari Kota Banjar. Adapun latar belakang penelitian ini yaitu minimnya bahan ajar yang berkaitan dengan kebudayaan yang berada di lingkungan tempat tinggal peserta didik dan bahan ajar yang tersedia kurang menarik, inovatif, dan kreatif untuk peserta didik, sehingga pendidik dituntut memilih bahan ajar yang efektif dan sesuai dengan kebudayaan peserta didik tinggal, maka dengan hal tersebut memanfaatkan pertunjukan seni Ebeg yang dikaji berdasarkan nilai pendidikan untuk dijadikan bahan ajar sastra cerita rakyat jenjang SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan dasar teori nilai sosial menurut Sukardi, nilai-nilai yang diteliti meliputi, nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan budaya, dan nilai pendidikan estetis. Sumber data pada penelitian ini video pertunjukan seni Ebeg, ketua dan sinden pertunjukan seni Ebeg. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan nilai pendidikan yang terdapat dalam pertunjukan seni Ebeg di Kecamatan Langensari Kota Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data diantaranya teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebagai berikut, nilai pendidikan dalam pertunjukan seni Ebeg terdapat lima aspek kajian dengan masing-masing indikatornya yaitu; 1) Nilai religius meliputi berdoa kepada tuhan, bersyukur kepada tuhan dan menghormati leluhur, 2) Nilai Moral meliputi memberi nasihat dan bertanggung jawab, 3) Nilai sosial meliputi gotong royong dan toleransi, 4) Nilai budaya meliputi adat istiadat dan kepercayaan, 5) Nilai estetis meliputi gerak tari, tata rias dan tata busana.Kata Kunci: Nilai Pendidikan, Seni Ebeg

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Aprlia, L. D. (2020). Nilai-nilai Pendidikan dalam Seni Tradisi "Kubro Siwo Putromudho" di Dusun Kalisat Desa Selomirah Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Danandjaja, J. (1997). Foklor Indonesia Ilmu gosip, dongeng, dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Nurgiyantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sukardi. (1997). Nilai - Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Dongengan Sulawesi Selatan. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Daksinapati Barat IV Rawamangun.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.