KESANTUNAN BERBAHASA DALAM ACARA DUA SISI EPISODE CAP GUBERNUR PEMBOHONG

Anis Marsela, Hendaryan Hendaryan

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul Kesantunan Berbahasa dalam Acara Dua Sisi Episode Cap Gubernur Pembohong. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada era modern seperti sekarang ini kegiatan berbahasa kian berkembang pesat, di antaranya melalui saluran media massa, beberapa media massa yang berkembang di Indonesia saat ini yaitu koran, majalah, radio, dan televisi, Televisi merupakan media massa yang paling banyak diminati. Dewasa ini banyak sekali program-program televisi yang ditampilkan dengan berbagai gaya dan ciri khas dari program tersebut tanpa memerhatikan kesantunan berbahasa, sehingga sering terjadi berbagai konflik karena kesalahan tafsir atau pemahaman serta adanya ketersinggungan karena penggunaan bahasa yang kurang santun dalam acara atau program televisi tersebut. Pembahasan dalam penelitian ini berfokus pada kesantunan berbahasa dalam acara Dua Sisi episode Cap Gubernur pembohong. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik kesantunan berbahasa dalam acara Dua Sisi episode Cap Gubernur pembohong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik pustaka, teknik simak, teknik dokumentasi teknik catat, dan teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 karakteristik kesantunan berbahasa dalam acara Dua Sisi episode Cap Gubernur pembohong, dengan jumlah presentase data pelanggaran kesantunan berbahasa sebanyak 59,53%, sedangkan sisa presentase ada pada pematuhan prinsip kesantunan berbahasa yaitu 40,47%. Dengan demikian tuturan dalam acara Dua Sisi episode Cap Gubernur Pembohong ini dapat dikatakan cenderung tidak santun, karena masih banyak tuturan yang melanggar prinsip kesantunan berbahasa dalam proses diskusi selama acara Dua Sisi berlangsung. Kata kunci: kesantunan berbahasa, acara televisi, prinsip kesantunan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariska, I. 2018. Analisis Kesantunan Berbahasa Imperatif Dalam Inetraksi Belajar Mengajar Pada Kelas XI SMA Negeri Makasar. Skripsi. Universitas Negeri Makasar, Makassar.

Ardiprass. 2021. “Sejarah Singkat TVOne”. https://id.wikipedia.org/wiki/TVOne. Diakses tanggal 10 Desember 2021.

Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Eribka, dkk. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. e-journal "Acta Diurna" Volume VI. No 1., 8.

Hendaryan, R. 2015. Ekspresi Kesantunan Dalam Tuturan Bahasa Indonesia Oleh Penutur Dwibahasawan Sunda-Indonesia. Disertasi. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Henny, I. d. (2017). Kesantunan Berbahasa Dalam Komentar Caption Instagram. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 7-8.

Kuswandi, W. (1996). Komunikasi Massa (Sebuah Analisis Isi Media Televisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mardalis. (1990). Metode Penelitian : Suatu Perkenalan Proposal. Jakarta: PT Melton Utara.

Pranowo. (2009). Berbahasa Secara Santun. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahardi, K. (2009). Sosiopragmatik. Yogyakarta: Erlangga.

Rohmawati, D. (2017). Pendidikan Karakter Dan Kaitannya Dengan Kesantunan Berbahasa. Seminar Nasional PRASASTI II "Kajian Pragmatik Dalam Berbagai Bidang", (hal. 438-439). Surakarta.

Saputra, I. W. (2014). Kesantunan Imperatif Tuturan Guru Untuk Memotivasi Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2, No. 1, 1-10.

Sardiana. 2006. Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi. FBS Universitas Negeri Makassar, Makassar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.

Suherli. (2006). Menulis Karangan Ilmiah. Depok: Arya Duta Sukamaju.

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainurrahman. (2011). “Kesantunan Dalam Berbahasa” (Telaah Pragmatik atas Konsep Wajah dalam Kesantunan Berbahasa)”. https://Zainurrahmanns.wordpress.com/2011/02/27/teori-kesantunan-berbahasa/. Diakses tanggal 10 Desember 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.