PENGGUNAAN GAYA BAHASA OLEH PENGOJEK PERAHU WISATA (Deskripsi Tuturan dalam Konteks Penawaran Jasa di Pantai Pangandaran)

Eka Usnita, Hendaryan Hendaryan

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini berjudul PENGGUNAAN GAYA BAHASA OLEH PENGOJEK PERAHU WISATA (Deskripsi Tuturan dalam Konteks Penawaran Jasa di Pantai Pangandaran). Latar belakang penelitian ini yaitu penggunaan gaya bahasa oleh pengojek perahu wisata dalam konteks penawaran jasa di Pantai Pangandaran, yang berdasar dari masalah kurangnya memperhatikan penggunaan gaya bahasa oleh pengojek perahu wisata pada saat melakukan penawaran jasa terhadap konsumen sehingga banyak calon konsumen yang tidak tertarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan karakteristik gaya bahasa yang digunakan oleh pengojek perahu wisata. Landasan teori dari penelitian ini menurut Gorys Keraf, kajian yang diteliti meliputi 1) Kata, 2) Kalimat, 3) Sopan-santun, dan 4) Menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik penelitiannya yaitu teknik pancing atau metode cakap yang dilakukan dengan cara melakukan percakapan dengan subjek yang diteliti (pengojek perahu). Metode cakap ini dilakukan dengan cara memancing subjek yang diteliti agar melakukan percakapan sehingga menghasilkan tuturan sebagai data yang dibutuhkan. Hasil dari penelitian ini frekuensi penggunaan gaya bahasa dalam konteks penawaran jasa yang dilakukan pengojek perahu wisata yaitu terdapat 15% kata, 35% kalimat, 23,75% sopan-santun, 13,75% menarik. Simpulan dari penelitian ini penggunaan gaya bahasa yang dilakukan oleh pengojek perahu wisata dalam konteks penawaran jasa memunculkan karakteristik gaya bahasa yang lebih memperhatikan kalimat yang khas dan persuasif dengan cara sopan-sanatun. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara praktis, diantaranya akan dijadikan alternatif bahan didik (penyuluhan) bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Kata Kunci : Gaya Bahasa, Ojek Perahu Wisata, Persuasif.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andika, A. A. (2021). Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Hindia dalam Album Menari dengan Bayangan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh.

Chaer, A. (2012). Linguistik Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hendaryan. (2014). Ekspresi Kesantunan Bahasa oleh Penutur Dwi Bahasa. Bandung: UPI Press.

Hendaryan. (2021). Berterima dalam Komunikasi . Bandung: CV.Alfabeta.

Keraf, G. (1991). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, G. (2004). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rahmawati, R. (2020). Penggunaan Gaya Bahasa Pada Iklan Dalam Bentuk Poster Pendidikan . Skripsi. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Galuh.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sulistiyowati, S. (2016). Gaya Bahasa Iklan Minuman Capri-Sonne Berbahasa Jerman . Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta .

Tarigan, H. G. (2013). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: CV.Angkasa.

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.