Nilai religius novel "Midah Simanis Bergigi Emas" karya Pramoedya Ananta Toer

Linda Damayanti, Andri Noviadi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Nilai Religius dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer” Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya simpati pembaca novel terhadap nilai-nilai religius yang ada pada novel yang sebenarnya patut ditelaah untuk diterapkan dalam kehidupan nyata. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan menelaah nilai religius pada novel “Midah Simanis Bergigi Emas”. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Dalam penelitian nilai religius ini didasari dengan tiga aspek yaitu 1.) Keimanan (tauhid) yang terdiri dari tiga indikator yaitu Iman kepada Allah, Takwa kepada-Nya (perasaan takut), Tobat (perasaan berdosa). 2.) Norma kehidupan (fiqih) yang terdiri dari lima indikator yaitu Halal (dibolehkan), Haram (dilarang), Makruh (dibenci), Mubah (dikerjakan tidak berpahala, ditinggalkan tidak berdosa), Sunat (dilaksanakan mendapat pahala, ditinggalkan tidak mendapat dosa). 3.) Sikap perilaku (akhlak) yang terdiri dari enam indikator yaitu Sabar (kehidupan yang penuh kemuliaan), Rendah hati, Tawakal (penyerahan diri tunduk dan taat kepada Yang Maha Pencipta), Jujur, Ikhlas, Disiplin. Simpulannya nilai religius merupakan nilai yang sangat penting bagi kita sebagai umat muslim karena nilai religius dapat dijadikan cermin oleh kita untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: nilai religius, aspek nilai religius 

Full Text:

PDF

References


Burhan, N. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Jauhari, H. (2010). Cara memahami Nilai Religius dalam karya sastra dengan pendekatan reader's response. Bandung: CV. Arfino Raya.

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.

Sumartini, N. I. ( 2014). Sikap hidup orang jawa dalam novel orang-orang proyek karya Ahmad Tohari. Jurnal Sastra Indonesia, 1-9.

Toyidin. (2013). Sastra Indonesia Puisi Prosa Drama. Subang: CV. Pustaka Bintang.

Zainuddin, M. &. (2011). Metodologi penelitian pendekatan praktis dan aplikatif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sumber dari jurnal:

Andari, N. (2013). Nilai estetis dan "Dulce et utile" dalam novel keindahan dan kesedihan karya Kawabata Yasunari. 44-51.

Akbar (2020). Analisis nilai religius dalam novel Cinta Subuh karya Alii Farighi. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dasir, M. (2018). Implementasi nilai-nilai religius dalam materi pendidikan agama islam dan budi pekerti tingkat SMA/SMK kurikulum 2013.

Novialdi, Y. d. (t.thn.). Mencari ketentraman jiwa dalam ajaran Tasawuf. 30-45.

Sumartini, N. I. ( 2014). Sikap hidup orang jawa dalam novel orang-orang proyek karya Ahmad Tohari. Jurnal Sastra Indonesia, 1-9.

Desiningrum, E. N. (2020). Pengembangan bahan ajar strategi belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 967-974.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.