KESANTUNAN BERBAHASA DALAM FILM RENTANG KISAH KARYA GITA SAVITRI DEVI (Deskripsi terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Media Film)

Amalia Uswatun Amalia, H.R Herdiana

Abstract


Penelitian ini berjudul “Kesantunan Berbahasa dalam Film Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi (Deskripsi terhadap Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Media Film). Latar belakang penelitian ini yaitu film yang tidak memerhatikan aspek kebahasaan. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengkaji karakteristik kesantunan berbahasa dalam film Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan film Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik telaah Pustaka, teknik simak, teknik dokumentasi dan teknik analisis. Adapun teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian menujukan bahwa karakteristik kesantunan berbahasa tuturan dalam film Rentang Kisah karya Gita Savitri Devi ditemukan (1) adanya pematuhan prinsip kesantunan berbahasa, (2) adanya pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa. Selanjutnya hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan ajar di sekolah jenjang SMA/SMK/MA. Kata Kunci: Kesantunan berbahasa, pematuhan, pelanggaran. 

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul.2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta Rineka Cipta.

Mahsun.2005. Metode Penelitian Bahasa Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta:Rajawali Pers.

Pranowo. 2009. Berbahsa Secara Santun. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013 Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Jakarta : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.