Psikologi Sastra Dalam Novel Almond Karya Sohn Won Pyung

Pitri Anisa, Sirodjul Munir

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya sebuah tuntutan yang mengharuskan peserta didik mempunyai kondisi psikologis yang baik sesuai dengan kriteria bahan ajar ketika mengikuti proses pembelajaran. Namun pada faktanya, bahan ajar yang tersedia kurang mengandung kondisi psikologis. Tujuan penelitian ini yaitu, mendeskripsikan psikologi sastra dalam novel Almond karya Sohn Won Pyung yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan langkah-langkah sesuai dengan teknik pengumpulan dan analisis datanya, yaitu (1) teknik studi pustaka, (2) teknik baca dan catat, dan (4) teknik analisis data. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan dalam novel Almond karya Sohn Won Pyung terdapat psikologi sastra yang dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar, dengan aspek yang dikaji dalam penelitian ini yaitu unsur-unsur kepribadian yang meliputi, (1) id, terdiri dari, tokoh berusaha memenuhi dorongan/keinginan naluriahnya dalam bentuk dorongan untuk mempertahankan hidup, dorongan yang bersifat biologis, dorongan untuk bergaul dengan sesama, dorongan untuk berbakti, dan tokoh yang menggambarkan proses bayangan (khayalan) mengenai suatu hal, (2) ego, terdiri dari, tokoh mampu mengambil keputusan dan tokoh mampu mengontrol dorongan/keinginannya, dan (3) superego, terdiri dari, tokoh memiliki nilai-nilai moral dan tokoh yang menerapkan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Kata kunci: Psikologi sastra, id, ego, superego, novel, tokoh

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Arum, A. 2006. Pengembangan Bahan Ajar. Presfektif Ilmu Pendidikan. 14(7). 67.

Budisiwi, H. KW, Sukoco. 2015. Kebutuhan Psikologis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling. 1(3) : 59.

Emzir dan Rohman, S. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. PT. Rajagrafindo Persada. Depok.

Endraswara, Suwardi. 2008. Metode Penelitian Psikologi Sastra. FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Hardani. Auliya, N.H. Andriani, Helmina dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta.

HS. Kartikasari, A. Suprapto, Edy. 2018. Kajian Kesusastraan Sebuah Pengantar. CV. AE. Media Grafika. Jawa Timur.

Magdalena, Ina. Sundari, Tini. Nurkhamilah, Silvi dkk. 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(2) : 311-326.

Minderop, Albertine. 2018. Psikologi Sastra, Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Pyung, S.W. 2019. Almond. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Ratna, N.K. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar Yogyakarta.

Rohmansyah, K. Pedoman Pemilihan dan Penyajian Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Logika. (2) : 17.

Sukerebau, J. Memahami Peran Psikologi Pendidikan untuk Pembelajaran. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kontekstual. 1 (1) : 97.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Yusuf, S. Nurihsan, A.J. 2013. Teori Kepribadian. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.