NILAI SOSIAL PADA NOVEL “REMBULAN TENGGELAM DI WAJAHMU” KARYA TERE LIYE

Jiani Hastiani

Abstract


Penelitian ini berjudul “Nilai Sosial pada Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye”. Adapun yang melatar belakangi dalam penelitian ini yaitu bahan ajar mengenai novel yang terdapat di dalam buku paket kelas XII kurang bervariatif. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana nilai sosial pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sosial pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik studi pustaka, teknik analisis dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian terhadap nilai sosial pada novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye dapat disimpulkan nilai sosial dapat mengungkapkan realita sosial yang ada di tengah masyarakat. Nilai sosial yang diungkapkan berada di tengah masyarakat yang dekat dengan persoalan keseharian manusia. Nilai sosial yang dialami oleh tokoh merupakan informasi yang berharga, yang dapat dijadikan pelajaran bagi pembaca untuk mempersiapkan kehidupannya menjadi lebih baik. Nilai sosial tersebut diantaranya nilai sosial gotong royong, Agama, tolong menolong, saling memaafkan, tanggung jawab dan saling kasih sayang. Nilai sosial agama terlihat ketika merayakan malam takbiran, nilai gotong royong dapat terlihat ketika para dokter membantu pasen, nilai gotong royong ketika dalam mengerjakan proyek gedung, nilai sosial tolong menolong terlihat ketika Diar memohon kepada penjaga panti untuk menyelamatkan Ray padahal dia sendiri sedang terluka parah, nilai sosial saling memaafkan terlihat ketika Ray memafkan kesalahan Diar dan nilai sosial tanggung jawab terlihat ketika Diar mengaku kalau dia yang telah merusak tasbih ustad serta nilai sosial saling menyayangi terlihat pada anak-anak di panti dan rumah singgah.Kata Kunci: Nilai Sosial., Novel

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Liye, Tere. 2021. Rembulan Tenggelam di Wajahmu. Jakarta: Republika.

Manuaba, 2014. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Robingah, Siti . 2013. “Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Jala Karya Titis Basino: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implikasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra Di SMA”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, CV.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.