EKRANISASI NOVEL RUDY KISAH MASA MUDA SANG VISIONER KARYA GINA S NOER KE DALAM FILM HABIBIE & AINUN 2 KARYA SUTRADARA HANUNG BRAMANTYO

Yulianti Yulianti

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul “EKRANISASI NOVEL RUDY KISAH MASA MUDA SANG VISIONER KARYA GINA S NOER KE DALAM FILM HABIBIE & AINUN 2 KARYA SUTRADARA HANUNG BRAMANTYO”. Penelitian ini mendeskripsikan bentuk ekranisasi tokoh, latar dan alur baik dalam bentuk kategorisasi aspek penguramgan, penambahan, maupun perubahan bervariasi dalam ekranisasi novel Rudy Kisah Masa Muda Sang Visioner ke dalam film Habibie & Ainun 2. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Rudy Kisah Masa Muda Sang Visioner karya Gina S Noer dan film  Habibie & Ainun 2 karya sutradara Hanung Bramantyo. Fokus penelitian berupa ekranisasi alur, tokoh, dan latar. Data diperoleh dengan teknik membaca, teknik menonton, teknik mencatat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk ekranisasi yang terjadi pada unsur tokoh, latar dan alur, yaitu adanya penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Pengurangan alur, tokoh dan latar terjadi karena media yang digunakan dalam pembuatan novel dan film berbeda. Secara keseluruhan penciutan yang dilakukan dalam visualisasinya ke bentuk film masih wajar dilakukan karena penghilangan cerita, tokoh dan latar diambil pada bagian yang tidak begitu penting untuk divisualisasikan. Penambahn alur, tokoh dan latar dalam film secara keseluruhan masih relevan dengan cerita yang ada dalam novel, hanya saja pada visualisasi dalam film dibuat lebih menarik dengan banyaknya konflik cerita, adanya tokoh dan latar tambahan yang dimunculkan sehingga cerita dalam film tidak monoton seperti dalam novel. Kemunculan tersebut untuk menambah esensi film sehingga penonton akan terbawa masuk dalam alur cerita. Adapun untuk perubahan bervariasi alur, tokoh dan latar yang dilakukan dalam visualisasinya ke bentuk film secara keseluruhan tidak jauh melenceng dari penggambaran yang ada pada novel.Kata Kunci: Ekranisasi, Novel, dan Film.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Agesindo.

Damono, Saparadi Djoko. 2012. Alih Wahana. Jakarta: Editum

Eneste, Pamusuk. 1991. Novel dan Film. Flores: Nusa Indah

Moleong, Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Noer, Gina S. 2015. Rudy Kisah Masa Muda Sang Visioner. Yogyakarta: Bentang dan THC Mandiri

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wellek, Rene dkk. 2014. Teori Kesusastraan. Penerjemah: Melanie Budianta. Jakarta: PT Gramedia.

Yudiono KS. 2007. Pengantar Sejarah Sastra Indonesia. Jakarta: PT Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.