NILAI MORAL DALAM ANTOLOGI CERPEN DARI PEMBURU KE TERAPEUTIK KARYA PARA PENULIS MUDA DARI TIGA NEGARA

Cikal Yulianti

Abstract


SARIPenelitian ini berdasar dari masalah bahan ajar pada pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang lengkap, berkaitan dengan Kompetensi Dasar 3.6 menganalisis isi cerpen pada pembelajaran SMP. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan nilai moral yang terdapat dalam Antologi Cerpen dari Pemburu ke Terapeutik karya para penulis muda dari tiga negara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan telaah pustaka, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Nilai moral adalah nilai-nilai yang mengacu pada baik buruknya tindakan manusia sebagai manusia. Nilai moral tentunya ada dalam karya sastra, karena sastra merupakan representasi atau cerminan dari kehidupan. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu teori nilai moral menurut Nurgiyantoro (2010:324), "Hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial termasuk hubungannya dengan lingkup alam, hubungan manusia dengan Tuhannya." Hasil penelitian ini sebagai berikut, nilai moral dalam antologi cerpen dari Pemburu ke Terapeutik karya para penulis dari tiga negara terdapat tiga aspek kajian dengan masing-masing indikatornya yaitu; 1) Hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi sikap sabar dan percaya diri, 2) Hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial dan hubungannya dalam lingkup alam meliputi sikap menolong sesama manusia, menghindari perdebatan, cinta perdamaian, tidak gila kekuasaan, dan melindungi sesama makhluk hidup, dan 3) Hubungan manusia dengan Tuhannya meliputi sikap bersyukur, ikhlas, dan berserah diri kepada Tuhan.Keberadaan nilai moral tersebut dapat dijadikan dasar dan acuan bagi guru dalam rangka pemilihan bahan ajar bermuatan nilai moral. Kata kunci: Nilai Moral, Antologi Cerpen dari Pemburu ke Terapeutik.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2016. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung:PT Refika Aditama.

Al-Qur’an

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bertens. 2000. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Daroeso., Bambang. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Departemen Pendidikan Nasional. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisikelima). Jakarta: Balai Pustaka.

Hadist dalam Kitab Riyadhus Sholihin

Hadist Riwayat Bukhari

Hadist Shahih At-Targhib wat Tarhib, No. 138

Henry Manampiring. 2019. Filosofi Teras. Jakarta: Kompas.

Iskandarwassid dan Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Remaja Remaja Rosdakarya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mia Fitriah El-Karimah. 2020. Hubungan Manusia dan Alam Perspektif Al-Qur’an. Volume 6 Nomor 2. Jurnal Al Ashriyyah. (diakses pada tanggal 30 Mei 2022)

Mirhan, Jeane Betty Kurnia Jusuf. 2016. Hubungan Antara percaya Diri dan Kerja Keras dalam Olahraga dan Keterampilan Hidup. Volume 12 Nomor 1. PPs Universitas Negeri Yogyakarta. (diakses pada tanggal 30 Mei 2022)

Nazir, Moh. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rosana R, Fitriani Y, Effendi D. 2021. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun Cerpen Melalui Model Discovery Learning. JRTI (Jurnal Riset Tibdakan Indonesia). 6 (2):151-156. (diakses pada tanggal 8 Desember 2021)

Sopyan Hadi. 2018. Konsep Sabar dalam Al-Quran. Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora. 1 (2):473-488,2018. (diakses pada tanggal 30 Mei 2022)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suyanto, E. 2012. Perilaku Tokoh dalam Cerpen Indonesia. Bandar Lampung: Penerbit Universitas Lampung.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v6i2.7881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.