PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI KELAS 10 MA ASSA'ADAH JAMANIS

Dicky Ramadhan

Abstract


Skripsi ini berjudul “PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUGGESTOPEDIA DI KELAS 10 MA ASSA’ADAH JAMANIS‘’. Latar belakang penelitian ini yaitu peneliti ingin mengubah kondisi pembelajaran yang pasif menjadi kondisi pembelajaran yang aktif dan menarik. Metode suggestopedia dipandang sebagai metode yang efektif untuk merangsang siswa menemukan imajinasi menggunakan musik sehingga mampu mengumpulkan kata-kata untuk di susun menjadi bait atau larik puisi yang utuh.. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah bentuk perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada siswa kelas X MA? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA? 3) Bagaimanakah perubahan kemampuan menulis puisi siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada siswa kelas X MA. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode suggestopedia pada kelas X MA. 3) Untuk mengetahui perubahan kemampuan menulis puisi siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan metode suggestopedia pada kelas X MA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif.. Penelitian kuantitatif deskriptif dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) dengan membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Penggunaan metode suggestopedia dalam pembelajaran menulis puisi mampu mengubah kemampuan siswa dalam hal menuis puisi. karena metode suggestopedia mampu menciptakan lingkungan belajar yang tenang dengan alunan musik. sehingga siswa senantiasa fokus untuk mengikuti pelajaran. Selain itu dengan metode suggestopedia, siswa dapat mengungkapkan atau mengekspresikan gagasan, ide, mengembangkan daya pikir kreativitas siswa dalam menulis.Kata kunci : Menulis Puisi, Metode Suggestopedia, Metode Kuantitatif

Full Text:

PDF PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alfiah dan Yunarko Budi Santosa. 2009. Pengajaran Puisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer,Abdul .2002. Pembakuan Bahasa Indonesia . Jakarta: Rineka Cipta.

Jabrohim dkk. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar..

Sayuti, Suminto A. 1985. Puisi dalam Pengajaran Sastra. Yogyakarta: FPBS

IKIP Yogyakarta.

_____. 2002. Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

_____. 2002. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Waluyo, J Herman. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.