Pembelajaran Menceritakan Kembali Isi Teks Ulasan dengan Menggunankan Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas VIII MTs At-taubah Cimanggu Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap

Susi Susanti

Abstract


Penelitian ini berjudul Pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script pada siswa kelas VIII Mts At-taubah Cimanggu. Adapun yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini bahwa kemampuan siswa yang kualitasnya rendah akan lebih mudah terlihat melalui cara berbicara. Maka dalam pembelajaran berbicara disekolah ate menceritakan kembali, peserta didik diharapkan tidak hanya mampu menguasai dan menghafal teori yang mereka pelajari, tetapi juga memiliki kemampuan berbahasa yang baik, dalam hal ini berbicara dapat digunakan untuk mengasah keterampilan peserta didik. permasalahan yang menjadi bahan pembahasan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: 1) bagaimanakah perencanaan pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script? 2) bagaimanakah langkah-langkah pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script? 3) bagaimanakah perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan setelah menggunakan metode cooperative script? apakah pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script pada siswa kelas VIII Mts At-taubah Cimanggu mengalami perubahan? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A dan B berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII MTs At-taubah Cimanggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks ulasan dengan menggunakan metode cooperative script hal ini dapat dilihat setelah melakukan uji-t.Kata kunci: pembelajaran, menceritakan kembali, metode cooperative script.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. W. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Pres.

A'la, M. (2011). Quantum Teaching. Yogyakarta: Diva Press.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriandhini, B., Nurcandrani, P. S., & Turistiati, A. T. (2020). Pelatihan public speaking untuk membangun kepercayaan diri dan keteampilan berbicara pada anak-anak di sanggar Ar-rosyid Purwokerto. Abdi Moestopo, 27-32.

Dalman, H. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Hadi, S. (2007). Statistik. Yogyakarta: Andi.

Harefa, D., & Gee, E. (2020). Penerapan model pebelajaran cooperative script untuk meningkatakan hasi belajar matematika . Kajian Pendidikan Matematika, 14-26.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Pekan Baru: Aswaja Pressindo.

Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isnatun, & Farida. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Kebudayaan, K. P. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kosasih. (2014). Jenis-jenis teks. Bandung: Yrama Widya.

Lestari, E. P., Setyaningsih, N. H., & Mardikantoro, H. B. (2014). Peningkatan menceritakan kembali cerita anak dengan metode cooperative script. UNNES, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.