Nilai kemanusiaan dalam film drama korea descendants of the sun karya kim eun sook

Triswati Putri Pertiwi

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini berjudul “ niali kemanusiaan dalam film drama korea descendants of the sun karya kim eun sook”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu engingat perkembangan zaman semakin pesat salah satunya dari teknologi audio visualdalam perfilman dan setiap perilisannya pun kadang ditunggu-tunggu oleh penggemar perfilman akan tetapi film bukan sekedar media hiburan saja, sebenarnya film adalah suatu media yang juga dpat digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi kepada khalayak luas misalnya dari nilai kemanusiaan, nilai sosial, budaya dan lain sebagainya. Kemudian peneliti meneliti mengenai nilai kemanusiaan pada sebuah karya sastra ini dilakukan demi kepentingan akademik dan pembelajaran bahasa dan sastra indonesia supaya lebih baik.Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu mencari nilai kemanusiaan pada cerita film drama korea Descendants Of The Sun Karya Kim Eun Sook. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kemanusiaan yang terkandung pada film drama korea Descendants Of The Sun Karya Kim Eun Sook. Kemudian manfaat penelitian ini dibagi atas manfaat teoritis dan praktis, untuk mamfaat praktis sendiri dibagi kedalam tiga bagian yaitu bagi peneliti, bagi siswa, dan bagi guru. Penelitian ini tidak terlepas dari kerangka pemikiran yang memuat tentang nilai kemanusiaan dan film. Fokus kajian pada penelitian ini adalah nilai kemanusiaan dalam film drama korea Descendants Of The Sun Karya Kim Eun Sook yang aspek kajiannya yaitu nilai kebenaran, nilai kedamaian, nilai cinta atau cinta kasih, niali prilaku yang benar dan nilai tanpa kekerasan. Sabagai alat ukur yang digunakan adalah teori nilai kemanusiaan menurut Sada.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yang hasil kajiannya akan menekankan pada generalisasi mengenai bagaimana nilai kemanusiaan pada film drama korea descendants of the sun karya kim eun sook. Adapun langkah-langkahnya yitu menonton film tersebut, mengidentifikasi dan mencatat dialog yang ada dalam film, mengidentifikasi adegan demi adegan yang ada dalam film, lalu menganalisis isi film tersebut. Sumber data adalah film drama korea descendants of the sun karya kim eun sook untuk pengumpulan data dimulai dar studi pustaka, teknik analisis, dokumentasi. Kemudian penelitian ini akan diolah tiga tahapan, diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sehing diperoleh hasil pada penelitian adalah nilai kemanusian yang terdapat dalam film drama korea descendants of the sun.Kata kunci: nilai kemanusiaan, Film 

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Jakarta: Rineka Cipta.

Satrio, Bayu. 2013. Nilai-nilai kemanusiaan. http://jhv.sagepub.com&http://www.global- research. ca/index.php?contex =view Article

Suwardi Endraswara. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Buana Pustaka.

Rahman Asri. 2020.Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film“Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, Vol. 1, No.2,Universitas Al Azhar Indonesia.

E Juliaans.Marantika R.2014. drama dalam pembelajaran bahasa dan sastra. Tahuri volume 11, Nomor 2. Universitas Patimura Ambon.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: gadjah mada.

Sukmadinata, nana syaodih. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: remaja rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.