PEMBELAJARAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING
Cucun Mukaromah, Nia Rohayati, Dedeh Rukaesih
Abstract
ABSTRAKPenelitian ini dilatar belakangi dari adanya masalah yaitu rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis puisi sehingga guru melakukan treatment dengan menggunakan model mind mapping. Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menulis Puisi Menggunakan Model Mind Mapping”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model mind mapping?; (2) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model mind mapping?; dan (3) Bagaimana perubahan kemampuan siswa dalam menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model mind mapping?.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data penelitian berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, perubahan kemampuan siswa. Ketiga data tersebut dianalisis dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian. Sumber data penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Kawali, sampel yang digunakan yaitu teknik sampling purposive dengan jumlah 22 peserta didik. Hasil penelitian sebagai berikut :Rencana pelaksanaan pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model minf mapping sesuai dengan prosedur kurikulum 2013.Langkah-langkah pembelajaran dilaksanakan sebagai berikut : (1) Guru menyediakan peta konsep tentang materi menulis puisi; (2) Guru menjelaskan materi menulis puisi; (3) Interaksi guru dan siswa mengenai materi menulis puisi; (4) Langkah terakhir adalah membuat puisi dengan menggunakan bahasa sendiri.Terdapat perubahan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model mind mapping. Hal ini dibuktikan dengan hasil pembelajaran menulis puisi dengan model mind mapping di kelas X SMK Muhammadiyah Kawali yang dinyatakan lebih baik daripada model pembandingnya, yaitu model problem based learning. Hasil analisis perubahan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis pusis menggunakan model mind mapping diperoleh nilai rata-rata prates yaitu 67,04 dan hasil pascates memperoleh nilai rata-rata 74,86 terdapat selisih 7,82. Hasil uji-t, nilai ttabel 1,68 < thitung 3,125. Maka terdapat perubahan yang signifikan pada kemampuan peserta didik dalam menulis puisi setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping. (Kata kunci : eksperimen, mind mapping, pembelajaran menulis puisi