PEMBELAJARAN MEMBANDINGKAN NILAI-NILAI SERTA KEBAHASAAN TEKS HIKAYAT DAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BAREGBEG

Keke Rieke Agustina

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran Di Kelas X SMA Negeri 1 Baregbeg”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu bahwa pada dasarnya guru lebih banyak menggunakan metode ceramah dan penugasan dalam menyampaikan teks hikayat oleh sebab itu siswa mengalami beberapa kesulitan untuk menemukan ide dan menuangkannya dalam bentuk kalimat sehingga siswa kurang antusias pada pembelajaran hikayat, selain itu minimnya buku-buku tentang sastra dan alokasi waktu yang terbatas karena covid-19 dijadikan alasan kurang optimalnya pembelajaran sastra. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menggunakan metode peta pikiran dalam pembelajaran membandingkan nilai-nilai serta kebahasaan teks hikayat dan cerpen, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dalam membandingkan nilai-nilai serta kebahasaan teks hikayat dan cerpen dengan menggunakan metode peta pikiran, mendeskripsikan perubahan kemampuan siswa dalam membandingkan nilai-nilai serta kebahasaan teks hikayat dan cerpen setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode peta pikiran. Metode yang digunakan dalam peneliti ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik tes. Setelah dilakukan penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. 1) Perencanaan Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, 2) Pelaksanaan penggunaan teknik penugasan dalam Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen, Langkah-langkah pembelajaran ini menggunakan pendekatan saintifik, 3) Kemampuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen terjadi perubahan kemampuan. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan hasil pratest dan pascatest dapat dinyatakan bahwa hasil pascatest lebih baik dari pada hasil pratest. Dapat dilihat dari hasil Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen di kelas eksperimen dengan rata-rata pratest 69,7 dan rata-rata pascatest sebesar 81,9, maka terjadi perubahan dari hasil pratest ke pascatest dengan selisih 1,22, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen di kelas X SMA Negeri 1 Baregbeg.Kata kunci: Pembelajaran, Hikayat, Peta Pikiran.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto,S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Revisi). Jakarta; Bumi Aksara

Buzan, Tony. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

DePorter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Learning

Edward, Caroline. 2009. Mind Mapping untuk Anak Sehat dan Cerdas.Yogyakarta: Sakti

Legowo, Bagus Taruno. 2009. FreeMind Mind Mapping Software. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Markowitz, K.& Jensen, E.. 2002. Otak Sejuta Gigabyte. Bandung: Kaifa.

Saleh, Andri. 2008. Kreatif Mengajar dengan Mind Map. Bandung: Tinta Emas Publishing

Windura, Susanto. 2008. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia

Zampetakis, Leonidas A and Tsironis, Loukas. 2007. Creativity Development in Engineering Education : The Case of Mind Mapping. Journal of Management Development."




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 DIKSATRASIA


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.