PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN NILAI KEHIDUPAN DALAM CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA DI KELAS XI SMAS INFORMATIKA CIAMIS

Regina Putri Alifianur, Sirojul Munir, Taufik Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaram mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam cerita pendek siswa sebelum menggunakan metode sosiodrama kelas XI SMAS Informatika Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAS Informatika Ciamis yaitu 178 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik sampling purposive. Sampel pada kelas eksperimen sebanyak 30 siswa dan pada kelas kontrol sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta non tes. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa siswa mampu meningkatkan kemampuan mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam cerita pendek. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan pada aspek penguasaan tema, lafal, intonasi, keberanian, dan gestur. Dari kelima aspek tersebut terdapat dua aspek yang mengalami peningkatan secara signifikan yaitu pada aspek keberanian dan aspek lafal. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perubahan hasil kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode sosiodrama di kelas XI SMAS Informatika Ciamis.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Febryananda, I. P., & Rosy, B. (2019). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI OTKP PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN PELAYANAN PRIMA KEPADA PELANGGAN DI SMKN 2 KEDIRI. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(4), 170–174.

Hamid, A. (2019). BERBAGAI METODE MENGAJAR BAGI GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 9(2), 1–16.

Hamzah B. Uno. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif . Jakarta: PT Bumi Aksara

Muliasih, Asih. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dengan Menerapkan Metode Sosiodrama Di Kelas V SDN 2 Barejulat. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram, 6(2), 66-73.

Pratiwi, N. (2019). PEMBELAJARAN MENDEMONSTRASIKAN SEBUAH NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Universitas Pasundan.

Putri, Y. S., & Rosy, B. (2020). Pengembangan Kemampuan Interaktif dan Reaktif Siswa Dengan Metode Pembelajaran Sosiodrama. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 273–284.

Susanti, Tatat, H., & Pupun, N. (2021). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1-12.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.