VARIASI BAHASA INDONESIA PADA YOUTUBER GAMING PUBG MOBILE INDONESIA

Agung Gumilar

Abstract


Penelitian ini yang berjudul “VARIASI BAHASA INDONESIA PADA YOUTUBER GAMING PUBG MOBILE INDONESIA”. Adapun latar belakang penelitian ini adalah youtuber gaming pubg mobile Indonesia tidak hanya berasal dari satu daerah saja melainkan dari berbeda daerah, sehingga sangat memungkinkan terjadinya variasi bahasa. Berasarkan hal tersebut, penulis berusaha mengkaji tentang variasi bahasa dalam komunikasi saat bermain game Pubg Mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan variasi bahasa yang terjadi saat youtuber bermain game Pubg Mobile. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka, teknik catat, teknik rekam dan teknik dokumentasi. Hasil penlitian ini dan pengkajian mengenai variasi bahasa yang terjadi pada saat bermain game pubg mobile Indonesia diperoleh beberapa simpulan karakteristik variasi bahasa Indonesia pada youtuber gaming pubg mobile Indonesia menunjukan adanya idiolek, dialek, kronolek latar belakang penutur, dan kosa kata yang digunakan penutur. Variasi bahasa dari segi penutur menepati posisi yang unggul dalam penelitian variasi bahasa Indonesia para youtuber gaming PUBG mobile Inonesia, Posisi paling rendah ada pada variasi bahasa dari segi pemakaian.Kata kunci : Variasi Bahasa, Youtuber Gaming, Pubg Mobile Indonesia

Full Text:

PDF

References


Adam, E. R. (2017). Pengertian Game Online. Barkeley, CA: New Riders.

Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian ; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aslinda, S. (2010). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Reflika Aditama.

Boyd. (2009). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap prilaku belajar. Jakarta; Depikdikbud

Chaer, A. d. (2010). Sosiolinguistik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dijk, V. (2012). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap prilaku belajar. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta

Firdaus, Y. et al. (2018). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Pengguna Game Online. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 3(Manajemen Aset Bagi Optimalisasi Pengelolaan Aset Tetap), 40–51.

Houtari. (2015). Analysis Of Content Creator in Social Media. Univrsity of Qulu

Kartomihardjo. (1988). Bahasa Cermin Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Depdikbud.

Kustiawan, A. A., & Utomo, A. W. (2019). Jangan Suka Game Online Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Magetan: CV. AE Media Grafika.

Mandibergh. (2012) . Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap prilaku belajar. Jakarta; Depikdikbud

Mieke dan Young. (2012). Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap prilaku belajar. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta

Mahsun. (2005). Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyana. (2008). Pengertian Kosa Kata. Bandung; Grafindo Media Pratama

Muchtar, D. (2005). Pengertian Game Edukasi . Yogyakarta: AMIKOM.

Puntoadi, Danis (2011) Meningkatkan penjualan melalui media sosial. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ramadani, M I F. 2018. Penarikan Diri Dalam Game online (Studi Deskriptif Kualitatif Withdrawal Gamer Mobile Legends Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS 2014). Skripsi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&A. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&A. Bandung: CV Alfabeta.

Suherli. (2007). Menulis Karangan Ilmiah. Depok: Arya Duta.

Shirky. (2012) Hubungan Intensitas Mengakses Sosial Media terhadap prilaku belajar. Yogyakarta: Pendidikan Teknik Boga FT Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.