PEMAKAIAN KOSAKATA DASAR BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS PADA PAUD SEKAR MAWAR KOTA BANJAR)

Autor(s): Kikit Waskita Ningtias, Nia Rohayati, Rina Agustini
DOI: 10.25157/diksatrasia.v7i1.8564

Abstract

ABSTRAKKikit Waskita Ningtias; PEMAKAIAN KOSAKATA DASAR BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS PADA PAUD SEKAR MAWAR KOTA BANJAR); Pembimbing I; Prof. DR. Hj. Nia Rohayati, Dra.,M.Pd., Pembimbing II; Rina Agustini, S.Pd., M.Pd., Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Galuh Ciamis 2022.Penelitian ini berjudul Pemakaian Kosakata Dasar Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Pada Paud Sekar Mawar Kota Banjar), dilatar belakangi dengan permasalahan di PAUD Sekar Mawar yang bertempat di Kelurahan Hegarsari Kecamatan Pataruman Kota Banjar yakni terdapat 7 orang anak yang sedang melaksanakan pembelajaran. Diantaranya kurang memahami karena kosakata yang dimiliki tidak terlalu banyak sehingga berpengaruh terhadap kelancaran komunikasinya, maka dari itu pada penelitian ini akan dikaji pemakaian kosakata dasar bahasa indonesia pada anak usia dini yang nantinya akan dijadikan bahan ajar pembelajaran Bahasa indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik simak libat cakap, instrument pengumpulan data dilakukan dengan merekam kemudian mengklasifikasikan berdasarkan jenis kosakata dasar bahasa Indonesia yang dituturkan anak usia dini. Dalam penelitian ini yang menjadi data adalah tuturan dari anak usia 4-5 tahun di PAUD Sekar Mawar. Sementara yang menjadi sumber data adalah anak usia 4 tahun berjumlah 4 orang, anak usia 5 tahun berjumlah 3 orang. Hasil yang ditemukan setelah melakukan penelitian yaitu terdapat jenis kosakata dasar Bahasa Indonesia: 1) istilah kekerabatan, 2) nama bagian tubuh, 3) kata ganti (diri,petunjuk), 4) kata bilangan, 5) kata kerja, 6) kata keadaan, dan 7) kata benda.Kata kunci : Bahasa, Kosakata dasar Bahasa Indonesia, anak usia dini, PAUD  

Keywords

Bahasa, Kosakata dasar Bahasa Indonesia, anak usia dini, PAUD

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Burhan, Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Carrol, Seefeldt dan Barbara A.Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta : PT Indeks.

Chaer, Abdul. 2003. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta : Bhratara

Karya Aksara.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2012. Psikolinguistik PengantarPemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik . Jakarta: PT Gramedia. Pustaka Utama.

Moleong J. Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Solehan, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suntrock, John W. 2007. Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Yogyakarta : Pedagogia.

Suyanto, 2005. Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen. Pendidikan Nasional.

Patana dan Sumarsono. 2002. Sosiolinguistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tadkiroatun, Musfiroh. 2010. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Kependidikan dan Perguruan Tinggi.

Tarigan, H. G. 2013. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

_______. 2015. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yusuf, A. Muri. 2007. Metodologi Penelitian. Padang : UNP Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.