PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM PENDEK DI SMK PGRI CIKONENG

Ery Indriani

Abstract


ABSTRAKERY INDRIANI, 2108180095, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis.Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Menulis Teks Cerpen dengan Menggunakan Media Film Pendek”. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media film pendek. 2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media film pendek. 3) mendeskripsikan perubahan kemampuan siswa dalam menulis cerpen setelah menggunakan pembelajaran dengan menggunakan media film pendek.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Variabel pada penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu pembelajaran menulis teks cerpen dengan mengguanakan media film pendek. Variabel ini mempunyai tiga subvariabel yaitu ; 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) perubahan kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK PGRI Cikoneng. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kajian pustaka, teknik observasi, teknik pembelajaran dan teknik tes. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) perencanaan pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan media film pendek tersusun berdasarkan perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013. Perencanaan tersebut meliputi ; (1) mengisi kolom identitas; (2) menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan; (3) menentukan materi pokok yang akan diajarkan; (4) menentukan kompetensi inti dan kompetensi dasar, serta indikator yang akan digunakan (5) merumuskan tujuan pemelajaran berdasarkan kompetensi inti dan kompetesi dasar, serta indikator yang telah ditentukan; (6) mengidentifikasi materi pembelajaran yang akan dibahas dan diajarkan; (7) menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan; (8) menentukan media, serta alat dan sumber pembelajaran yang akan digunakan; (9) merumuskan langkah – langkah pembelajaran yang meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir; (10) menyusun teknik penilaian dan kriteria yang digunakan dalam penilaian. 2) Pelaksanaan menulis teks cerpen dengan menggunakan media film pendek terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari prates dan apersepsi. Kegiatan inti terdiri dari tahap eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada tahap eksplorasi siswa ikut serta dalam mencari informasi mengenai materi yang akan dipelajari untuk menanamkan nilai rasa ingin tahu. Tahap elaborasi siswa diberikan tugas untuk menentukan topik yang sesuai dengan film pendek kemudian membuat kerangka cerpen kemudian menyusunnya untuk dijadikan sebuah cerpen. Tahap konfirmasi, pada tahap ini guru memberikan penguatan dan simpulan terhadap materi yang sudah diajarjan agar dapat membantu siswa dalam memahami meteri. 3) Perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan media film pendek mengalami peningkatan yang signifikan dari prates ke pascates. Kemampuan menulis teks cerpen pada tes awal (prates) memperoleh nilai 67,47, sedangkan kemampuan menulis teks cerpen tes akhir (pascates) dengan menggunakan media film pendek memperoleh nilai 88,67. Sehingga selisih antara nilai prates ke pascates adalah 21,2. Dengan demikian penggunaan media film pendek efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen.Kata Kunci ; Menulis, Cerpen, Media, dan Film Pendek

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.