PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MUDZAKARAH DI SMK AL-HUDA TURALAK KABUPATEN CIAMIS

Agus setiawan Setiawan, Herdiana Herdiana, Juju Juandi

Abstract


 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah : 1) Ingin mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. 2) Ingin mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. 3) Ingin mengetahui perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara setelah menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuanitataif dengan rancangan deskriptif. Variabel pada penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu pembelajaran berbicara dengan menggunakan metode mudzakarah. Variabel ini mempunyai tiga subvariabel yaitu; 1) perencanaan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) perubahan kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI SMK Al Huda Turalak. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik kajian pustaka, teknik observasi, teknik pembelajaran dan teknik tes. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode mudzakarah di SMK Al-huda Turalak Kabupaten Ciamis, guru melakukan analisis terhadap perencanaan pembelajaran berbicara, terbukti sesuai dengan metode mudzakarah yang digunakan pembelajaran. Pernyataan tersebut diperkuat dengan penilaian observatory terhadap keseluruhan komponen pembelajaran. 2) pelaksanaan dengan metode pembelajaran Mudzakarah yaitu cukup memberikan keyakinan akan keberhasilan guru dan siswa dalam menempuh langkah-langkah pembelajaran membaca pemahaman dalam cerpen yang disajikan dengan penerapan metode mudzakarah.. 3) Perubahan kemampuan siswa dalam pembelajaran berbicara di lingkungan belajar menggunakan metode mudzakarah yaitu kelompok eksperimen yang dilakukan dengan menerapkan metode mudzakarah pada pembelajaran berbicara. Perolehan rata-rata skor prates yaitu 65,33 sedangkan pada postes diperoleh rata-rata skor 84,67. Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa yang buktikan dengan selisih skor antara prates dan pascates yaitu 19,34. Kelompok kontrol yang dilakukan  dengan menerapkan teknik tanyajawab pada pembelajaran membaca pemahaman dalam cerpen. Perolehan rata-rata skor  prates yaitu 60,83 sedangkan pada pascates diperoleh rata-rata skor 81,25. Dengan demikian terdapat perubahan kemampuan siswa yang dibuktikan dengan selisih skor antara prates dan pascates yaitu 20,42.

Keywords


Kata Kunci ; Berbicara, Metode Belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung, Iskandar. 2019. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Penerbit Bestari Buana Murni.

Amirullah, Widayat. 2002. Metode Penelitian Pemasaran. Malang : CV. Cahaya Press

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Asra,Sumiati. 2019. Metode Pembelajaran, Bandung : Wacana Prima.

Arifin, Imron. 2013. Kepemimpinan Kyai (Kasus Pondok Pesantren Tebuireng). Malang: Kalimasada Press.

Daradjat, Zakiah. 2015. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. X, Jakarta: Bumi Aksara.

Muhammad, Yunus. 2016. Pemikiran pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Makalah disajikan dlam Diskusi, Universitas Islam Negeri, Yogyakarta, 12 Mei.

Purwanto, Ngalim. 2017. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya

Resseffendi. 2010. Metode Penelitian. NASPA Journal, 33, 26–36.

Sekaran, Uma. 1992. Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Solchan T.W., dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Banten: Universitas Terbuka

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D . Bandung: Alfabetha.

Sukamto. 2014. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sutikno, Sobry. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Tayar Yusuf, Syaiful Anwar. 2016. Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wiyanto, Asul. 2019. Terampil Bermain Drama. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.