PEMBELAJARAN BERPIDATO MENGGUNAKAN METODE PEMODELAN DI KELAS XI SMK AL-ILYAS KABUPATEN GARUT

Suyono Suyono, Juju Juandi, Taufik Hidayat

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya masalah yaitu rendahnya kemampuan peserta didik dalam berpidatosehingga guru melakukan perlakukan dengan menggunakan metode pembelajaran pemodelan. Tujuan penelitian ini: 1) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran; 2) mendeskripsikan langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran; 3) mendeskripsikan kemampuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran berpidato menggunakan metode pemodelan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Randomized Matched Subject Posttest Only. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKJ I dan XI TKJ II di SMK Al-Ilyas Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut. Teknik yang digunakan yaitu teknik studi pustaka, observasi, dan tes. Hasil analisis penyusunan RPP sudah mengacu pada kurikulum 2013 sehingga memenuhi kriteria penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai observer 1 dan observer 2 rata-rata 81,25 dengan kriteria baik. Hasil analisis langkah-langkah pembelajaran pada kegiatan guru memperoleh nilai rata-rata 81,25 dan termasuk kedalamkriteria baik. Hasil analisis kemampuan peserta didik dalam pembelajaran berpidato berdasarkan hasil tes pemahaman yaitu sebesar 74,76 dengan kategori baik. Hasil uji praktik pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 71,98 dengan kategori baik. Hasil uji-t, thitung ˃ ttabel = 2,049 ˃ 2,021 maka H0 ditolak, artinya terdapatperbedaan kemampuan berpidato peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Metode pemodelan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Cresswel. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Laratte, Abdullah. 2021. Penerapan Metode Pemodelan Untuk Menigkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Bantaya. e-Jurnal Bahasantodea, Vol. 4 (1), hal” 96-103 http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/download/6802/5454

Nurhadi, 2003 Pembelajaran Kontekstual (Cooperatif Learning di. Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Gramedia Widiasarana

Patacsil, F.F. dan Tablatin, C.L.S., . 2017. Exploring the Importance of Soft and Hard Skills as Perceived by IT Internship Students and Industry: A Gap Analysis. JOTSE: Journal of Technology and Science Education Vol 7 (3) Hal 347- 368. https://www.jotse.org/index.php/jotse/article/view/271/280

Redhana. 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 13 (1) https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824

Silismi. 2021. Peningkatan Kemampuan Berpidato Di Depan Kelas Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Terbalik Bagi Siswa Kelas IX A SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran. Vol 1 (2) hal : 119-129. doi : https://doi.org/10.51878/strategi.v1i2.565

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diksatrasia : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Diksatrasia indexed by:

    

 

View Diksatrasia Stats


      Lisensi Creative Commons

Jurnal Diksatrasia at http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/diksatrasia is licensed under Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.