KEMAMPUAN KERJA APARATUR DESA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRATIF DI DESA UTAMA KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS

imel agnu meliyanti

Sari


Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan untuk keperluan pembahasan hasil penelitian digunakan pendekatan kualitatif,teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang anggota Badan Permusyawaratan Desa, Kepala Desa, beserta4 orang Kepala Dusundan 4 orang Tokoh Masyarakat dari setiap dusun di Desa Utama. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, menyajikan data,sertamenarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian di Kantor Kepala Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis, adalah sebagai berikut:Kemampuan kerja aparatur Desa Dalam Memberikan Pelayanan Administratif Di Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis secara umum dapat dikatakan cukup baik meskipun masih terdapat beberapa indikator yang belum dilaksanakan dengan baik. Hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaannya yaitu pegawai masih merasa kesulitan untuk menyelesaikan masalah menyangkut tanpa bantuan orang lain, adanya perbedaan kemampuan individu dalam menyampaikan informasi, berkaitan dengan kemampuan berkomunikasi dengan baik, sertapegawai kurang memiliki keberanian dalam mengambil sebuah keputusan tanpa bantuan pegawai lain. Kemudian upaya yang dilakukan guna mengatasi hambatan tersebut adalah dengan memahami dan mengetahui jenis-jenis pelayanan administrai yang dapat diminta oleh masyrakat.Dengan menumbuhkan kesadaran pegawai atas pentingnya ada inovasi-inovasi dalam pelayanan. Serta salin bekerja sama antar pegawai untuk dapat mengambil keputusan yang paling tepat dan sesuai dengan kewenangan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis mengajukan saran yaitu petugas pelayanan sebaiknya mampu memahami jenis pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat, mengetahui redaksi dari setiap surat keterangan yang bisa diminta oleh masyarakat kepada pihak Pemerintah Desa Utama. Petugas sebaiknya mampu menyelesaikan pelayanan administratif sesuai dengan target waktu yang telah di tentukan dan akan lebih baik lagi apabila petugas juga bisa menerapkan skala prioritas dalam mengerjakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya agar tugas dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan target waktu masing-masing tugas. Untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi secara optimal, aparatur Desa Utama Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis seyogyanya dapat meningkatan lagi kemampuan kerjanya dalam memberikan pelayanan administratif serta dapat menggunakan peralatan yang berkaitan dengan tugas yang ada, lebih tanggap terhadap kebutuhan masyarakat, serta lebih melakukan inovasi-inovasi baru dalam penyelenggaraan pelayanan agar tercipta penyelenggaran pelayanan yang baik dan dapat memberikan kepuasan terhadap masyarakat. Kata Kunci : Kemampuan Kerja dan Pelayanan

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Pasolong Harbani. 2008. Administrasi Publik. Penerbit Alfabet, CV.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta, CV

Sedarmayanti. 2014. Manajemen sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Silalahi Ulber, 2009. Metode Penelitian Sosial. Bandung. PT Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2007. Manajemen Publik. Jakarta: PT Grasind.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i1.1213

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin