PERAN PEMERINTAH DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH

Didi Djadjuli

Sari


Abstrak             Peran Pemerintah Daerah di era otonomi daerah sangat besar sekali, dimana pemerintah daerah diberikan kewenangan seluas-luasnya untuk mengurus pemerintahannya sendiri, termasuk pengembangan ekonomi daerah berdasarkan kekayaan potensi daerah tersebut. Untuk mengemban tugas tersebut, pemerintah harus berperan aktif dalam pembangunan ekonomi daerahnya, banyak kendala-kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam pembangunan ekonominya yaitu ketimpangan pembangunan sektor industri, kurang meratanya investasi, tingkat mobilitas faktor produksi yang rendah, perbedaan sumber daya alam, perbedaan demografis dan kurang lancarnya perdagangan antar daerah. Permasalahan-permasalahan tersebut menimbulkan dampak pada pembangunan ekonomi daerah,akan tetapi permasalahan-permasalahan tersebut juga dapat diatasi dengan strategi yang dijalankan oleh pemerintah daerah, atau menjalankan strategi yang dikemukakan oleh para ahli diantaranya yaitu menurut pendapat Arsyad (2000)strategi pengembangan fisik, strategi pengembangan dunia usaha, strategi pengembangan dunia usaha, strategi pengembangan masyarakat, strategi-strategi tersebut minimal membantu atau salah satu rujukan bagi pemerintah daerah dalam mengatasi masalah yang ada pada persoalan-persoalan perekonomian daerahnya sehingga pembangunan ekonomi dapat berjalan dengan baik, pertumbuhan ekonomi meningkat dan pendapatan perkapita masyarakat juga meningkat. Kata Kunci: Pemerintah Daerah, Strategi, Pembangunan Ekonomi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Akadun. 2007.Administrasi Perusahaan Negara. Alfabeta: Bandung.

Arsyad, Lincolin. 2000. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi. Yogyakarta.

Handoko Hani. Manajemen. BPFE-Yogyakarta.

Ismail Munawar, et. Al. 2014.Sistem Ekonomi Indonesia. Erlangga, Jakarta.

Pamuji, S. 1989.Ekologi Administrasi Negara.Bina Aksara. Jakarta

Sedarmayanti. 2013.Reformasi Administrasi publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Subandi. 2007.Sistem Ekonomi Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Ticoalu G. A. 2013. Penerjemah Dasar-dasar Manajemen (G. R. Terry & Leslie W. Rue).Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i2.1409

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin