PENGGUNAAN VARIASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN PANDANGAN HIDUP BANGSA DALAM PEMBELAJARAN PKN

Samsul Maarif

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prosentase ketercapaian atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diperoleh siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Kasokandel pada tahun pelajaran 2017/2018. Dari jumlah siswa 30 orang yang mengikuti post tes pada bahan ajar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandanan Hidup Bangsa dengan pembelajaran model Cooperatif Learning, hanya 14 orang yang dapat dinyatakan lulus atau tuntas (46,67%) dan sisanya sekitar 16 orang dinyatakan belum tuntas (53,33%). Data tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar dalam bahan ajar tersebut dapat dinyatakan belum tuntas secara klasikal. Prosentase tersebut jauh dari prosentase ideal antara 80% - 100%. Oleh karena itu, untuk kasus tersebut perlu diadakan remedial klasikal. Mencermati proses remedial klasikal tersebut, maka supaya tidak terulang kembali, diputuskan untuk melakukan penelitian dengan menggunakan variasi model problem  based learning dan discovery learning di Kelas VIII-A Tahun Pelajaran 2018/2019 pada bahan ajar Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 3 siklus penelitian dapat diketahui pada Siklus I prosentase ketuntasan mencapai 60%, pada Siklus II mencapai 70%, dan Siklus III mencapai 90%. Maka kegiatan pembelajaran dengan inqury learning yang dikelola dengan baik ternyata cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depdikbud. 2016. Petunjuk Umum Pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk SMP, Jakarta : Bagian Proyek Pengadaan Sarana dan Prasarana Mutu Sekolah.

Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed., M.Pd. 2002. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Erviana, Nila, dkk. 2012. Peningkatan Belajar PKn Tentang Kebebasan Berorganisasi Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Universitas Sebelas Maret. Jurusan PGSD Volume 1 Nomor 4 Tahun 2013

Hamruni, M.Si. Prof. Dr. 2009. Strategi dan Model-model Pembelajaran AktifMenyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga

...... 2017. PKn untuk Siswa SMP Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

...... 2017. Buku Guru PKN , untuk SMP Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v5i4.1744

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

DINAMIKA

Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Galuh

email: dinamika@unigal.ac.id

ISSN: 2356-2269
eISSN
: 2614-2945

Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara © 2023 by Program Studi Administrasi Publik, FISIP - Universitas Galuh is licensed under CC BY-NC-SA 4.0

Created by Admin